BAZNAS PacitanTargetkan Pengumpulan Zakat Tahun 2024 Rp.4 Miliar

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Sabtu, Maret 30, 2024

GrinduluFM Pacitan - Badan Amil Zakat (BAZNAS) Pacitan mentarget pengumpulan zakat infak sedekah dan dana sosial keagamaan lain bisa mencapai Rp.4 Miliar pada tahun 2024.

Perolehan pengumpulan zakat pada tahun 2023 sebesar Rp. 3,8 Miliar maksimal.

Tahun ini Baznas masih memprediksi capaiannya dimungkinkan sekitar minimal Rp.3,8 Miliar namun syukur syukur, kalau bisa capai Rp. 4 Miliar.

Hal itu sebagaimana di ungkapkan Ketua Badan Amil Zakat ( Baznas ) H.Shodiq Suja’ BA saat dihubungi di ruang Baznas.

Zakat itu hukum asalnya dan dilaksanakan menggunakan ukuran makanan pokok dalam makanan pokok beras. Hitungan setelah itu bertemu para para termasuk ponpes lembaga islam kemenag, majelis ulama di hitung ulang jumlahnya tidak 2,5 kilogram tapi menjadi 2,8 kilogram.

“Zakat fitrah wajib ditunaikan bagi setiap jiwa, dengan syarat beragama islam, hidup pada saat bulan Ramadhan dan memiliki kelebihan rezeki atau kebutuhan pokok untuk malam dan Hari Raya Idul Fitri. Besaran zakat adalah beras atau makanan pokok sebesar 2,8 kilogram atau setara uang Rp.44.800,.” ungkapnya.

Shodiq menambahkan, zakat dibayarkan mulai 1 Ramadhan berakhir sampai imam sholat mau masuk masjid sholat idul fitri.

“Mengapa tidak dibulatkan kok 44.800 rupiah dan itu untuk seluruhnya kaitannya dengan syariah dalam zakat tidak boleh mengada-ada karena zakat itu tidak ada pembulatan dan pengurangan,”imbuhnya.

Zakat beras yang masuk ke Baznas pada tahun 2023 mencapai 24 Ton adapun tahun 2024 Baznas menarget sama capai 24 Ton syukur bisa lebih dari tahun sebelumnya.

Reporter:Asri

Blog, Updated at: 07.20
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03