Tanggungan Jalan Kabupaten Bertambah Panjang, Pemkab Pacitan Mengharap Dapat Dana Inpres Jalan Daerah

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Senin, Februari 26, 2024

GrinduluFM Pacitan - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pacitan Suparlan mengatakan kondisi jalan Kabupaten dalam kondisi jalan baik kini naik posisi 58 persen.

Hal tersebut disebabkan panjang jalan kabupaten sekarang bertambah menjadi 1374 KM dari sebelumnya panjang jalan kabupaten hanya 798 KM dengan kondisi jalan baik 58 persen.

“Jalan Kabupaten naik posisi 68 persen. Saat ini kita revisi SK sehingga panjang jalan total tambah 1374 KM sehingga kondisi baik turun,” katanya.

Melihat kondisi jalan baik turun Dinas PUPR Pacitan berusaha berbagai langkah termasuk tahun 2024 ini mengajukan Inpres Jalan daerah. 

"Harapannya bisa menambah kecepatan untuk kondisi jalan baik, ungkapnya.

Rencana tahun 2024 akan ada inpres jalan daerah sebesar Rp.15 triliun. Untuk Pacitan berapa masih dalam pengajuan. Kerusakan jalan jelas naik karena pembagi yang semakin besar otomatis prosentase baik jadi turun.

“Mohon doanya dari teman teman media, masyarakat kabupaten pacitan insyaallah sekarang lagi diperjuangkan agar daerah mendapatkan dana pembangunan daerah instruksi presiden,” lanjutnya.

Suparlan mengakui sekarang pihaknya sedang memperjuangkan agar daerah mendapatkan dana pembangunan daerah dengan skema instruksi presdien (inpres) tahap dua tahun 2024 untuk jalan dan jembatan kabupaten.

Suparlan sangat menyambut baik akan adanya inpres tersebut sebab pemerintah daerah bisa mempercepat pembangunan 

Untungnya, meski statusnya disatukan, namun anggaran pemeliharaan dan penanganan dua tipe jalan itu tetap melekat.

Perbaikan jalan pemkab memberlakukan skala prioritas bagi 1.400 kilometer jalan.

Terbagi skala superprioritas, prioritas, dan penanganan berkala. Penyatuan status jalan ini dirumuskan bersama bappeda dan tim ahli. Disertai uji kelayakan dan potensi jalan.

“Kami survei lagi jalan poros desa ini menghubungkan ke mana dan potensinya seperti apa. Lalu, kita analisis bersama,’’ pungkasnya.

Reporter:Asri

Blog, Updated at: 15.43
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03