Radar Hanud Medium Range Ditempatkan di Satuan Radar 221 Ngliyep Desa Poko Kecamatan Pringkuku

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Kamis, Februari 01, 2024

GrinduluFM Pacitan - RAT-31 DLM yang termasuk radar hanud medium range kini ditempatkan di Satuan Radar (Satrad) 221 Ngliyep, yang berlokasi di desa Poko Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan.

Kamis 1 Februari 2024, radar udara 221 Leonardo RAT 13 DLM tersebut diresmikan.

Dalam peresmian tersebut Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyampaikan sambutannya bahwa radar -31 DLM ini merupakan alusista udara untuk system pertahanan udara dan pertahanan nasional.

Mengapa ditempatkan di Pacitan pada awalnya ditempatkan di Ngliyep.

Pertimbangan dari Staf Mabes AU dibutuhkan selain untuk operasi pertahanan Negara dibutuhkan juga radar yang bisa digunakan untuk latihan operasi udara.

“Setelah dikaji dibeberapa lokasi ditentukan Pacitan. Kebetulan kita memiliki aset yang strategis dan juga indah jadi kita putuskan ditempatkan disini.”ucapnya.

Radar ini menjadi suatu bagian yang penting dari suatu sistem pertahanan nasional. Pengadaan radar medium rings yang ditempatkan di Pacitan ini diproduksi bersama PT.Len dan Leonardo.

“Radar ini suatu kebanggan untuk kita bersama karena itu saya titipkan pada kesempatan ini kepada bupati dan forkopimda untuk dipelihara demi kemanfaatan bersama.”lanjutnya.

Selain itu diharapkan Danlanud radar segera sosialisasi dan mengenalkan bahwa ini adalah alutsista yang penting. Perlu diperkenalkan kepada warga setempat agar warga punya animo besar terhadap radar 221 ngliyep.

Reporter:Asri

Blog, Updated at: 17.09
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03