Prajurit TNI Kodim 0801 Pacitan Solid Netral Dalam Pemilu, Siap Backup 60 Personel Amankan Pemilu

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Senin, Februari 05, 2024

GrinduluFM Pacitan - Untuk membantu pengamanan Pemilu 2024, Kodim 0801 Pacitan menyiapkan 60 personel.

Diharapkan penurunan personil dari Kodim 0801 Pacitan tersebut pesta demokrasi bisa berjalan aman dan damai.

Komandan Kodim 0801 Pacitan Letkol Inf Roliyanto tegaskan prajuritnya siap mem-backup pengamanan Pemilu 2024 dengan bersinergi bersama Kepolisian dan Pemkab Pacitan.

Dihadapan prajurit TNI Kodim 0801 dan jajaran anggota Polres Pacitan, Komandan Kodim 0801 Pacitan Letkol Inf Roliyanto menegaskan ada aturan netralitas prajurit TNI yang diatur dalam Undang Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

Ada pasal secara tegas yang mengatur netralitas Polri dan TNI dalam kontestasi politik atau Pemilu. ada sanksi tegas bagi yang mnelanggarnya.

“Secara tegas kami sampaikan bahwa TNI di Pacitan selalu solid dan siap mengawal setiap tahapan Pemilu 2024 secara netral dan professional sesuai amanat undang-undang. Jika kemudain masyarakat Pacitan ada yang mengetahui dengan bukti bukti prajurit TNI melanggar silahkan lapor ke kami.”tegasnya.

Terkait netralitas TNI-Polri Komandan Kodim 0801 Pacitan Letkol Inf Roliyanto memperkuat dengan aturan dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. Pada Pasal 39 secara tegas diatur larangan setiap prajurit TNI untuk menjadi anggota partai politik, mengikuti maupun terlibat dalam kegiatan politik praktis, serta dipilih menjadi anggota legislatif dalam Pemilu dan jabatan politis lainnya.

“Aturan TNI untuk netral dalam Pemilu sangat ketat dan akan ada sanksi tegas bagi yang melanggarnya. Kami terlatih terdidik dicukupi kesejahteraannya tidak boleh memihak. Jadi jangan ragukan kami prajurit Kodim 0801 Pacitan dalam netralitas.”ungkapnya.

Komandan Kodim 0801 Pacitan Letkol Inf Roliyanto mengatakan pihaknya juga telah menyiagakan personel untuk membantu pengamanan Pemilu 2024.

“Personel kami siapkan 60 orang untuk membantu pengamanan. Sewaktu waktu dibutuhkan siap turun membackup Polres Pacitan.”ucapnya.

Letkol Inf Roliyanto menyampaikan secara mayoritas masyarakat pasti memahami bahwa yang dilakukan Polri dan TNI semata untuk mendinginkan situasi serta menjaga Kamtibmas menjelang Pemilu.

“Kalau dingin dingin amat jangan ya nanti malah beku, kalau panas panas amat juga jangan, tapi dingin dalam makna adem ayem,”ujarnya diikuti tawa prajurit.

Selain itu Komandan Kodim Letkol Inf Roliyanto meminta masyarakat harus tetap bersaudara walaupun berbeda pilihan. Karena itu agar masyarakat aktif menjaga kedamaian ditengah keberagaman jelang Pemilu 2024.

“Anggota Koramil melakukan pemetaan wilayah yang berpotensi terjadinya konflik. Kita siap 100 persen membackup Polres karena ini sudah perintah Komando atas. Kita tindaklanjuti mewujudkan pemilu aman dan damai.”pungkasnya.

Reporter:Asri

Blog, Updated at: 15.25
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03