Belum Genap Setahun, Ribuan Kali Gempa Mengguncang Pacitan

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Jumat, Desember 15, 2023

GrinduluFM Pacitan - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat 1158 gempa bumi terjadi di Kabupaten Pacitan.

Disampaikan Radit Suryo Anggono Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan saat dikonfirmasi Jumat 15 Desember 2023.

Jumlah tersebut merupakan total gempa yang terjadi hampir sepanjang tahun 2023.

Dijelaskan dari 1158 gempa tersebut rata rata tidak dirasakan warga sebab magnitudo 5 kebawah. Gempa yang terjadi tersebut masing masing berada pada kedalaman yang bervariasi.

Dari sejak Januari hingga 15 Desember 2023 untuk intensitas gempa tersering berada di Bulan Juni sebanyak 163 kali gempa.

“Gempa bumi hampir setiap hari ada, tapi intensitas magnitude dibawah 5 SR. Sepanjang setahun 2023 ini aja sekitar 1158 kali gempa perhari ini.”katanya.

Terkait seringnya gempa skala kecil kecil di Kabupaten Pacitan sepanjang tahun 2023, BMKG meminta BPBD Pacitan tidak bosan bosan melakukan sosialisasi dan edukasi bahkan menggelar simulasi terkait kewaspadaan gempa.

Warga dihimbau agar tetap tenang serta tidak terpengaruh isu yang tidak dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya namun kewaspadaan harus disiapkan setiap saat jika datang gempa besar sewaktu waktu. Pasalnya, suka tidak suka Pacitan masuk daerah rawan bencana gempa yang berpotensi timbulkan tsunami.

“Terutama edukasi ke masyarakat terkait antisipasi mitigasi. Rata rata getaran gempa 2-3 magnitudo tidak menimbulkan rusak.

Dengan kerapnya intensitas gempa kecil kecil tersebut diharapkan bisa mengurangi potensi gempa besar terjadi. Akan terjadinya gempa besar akan bisa terurai sedikit sedikit karena adanya gempa kecil kecil yang kerap terjadi.

Sementara banyak sirine pengingat gempa di Kabupaten Pacitan rusak saat ini. Hanya tinggal dua saja sirine pengingat gempa yang masih layak. Yakni yang berada di Soge dan Cuwek Ploso Pacitan.

Saat ini Pacitan memiliki alat monitoring gempa. Alat monitoring gempa tersebut di pasang di kantor BPBD dan di Pendopo sebagai pusat Pemerintahan Pacitan. Alat monitoring deteksi gempa bumi diatas 5 Magnitudo maupun di bawah 5 Skala Richter itu pemberian Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.

Alat sirine yang dipasang 10 tahun lalu itu oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah merupakan hibah dari Pemerintah dibenarkan Radite banyak yang rusak.

“Alat sirine gempa banyak yang keropos tinggal hanya dua saja yang masih layak yakni yang ada di pertigaan cuwik Kelurahan Ploso Pacitan dan yang ada di Soge.”ujarnya.

Reporter/Penulis:Asri

Blog, Updated at: 16.06
Tuliskan komentar positif Anda di bawah ini
03