Kapolres Pacitan: Saya Jaminannya Netralitas Jajaran Polres Dalam Pemilu 2024

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Selasa, Oktober 17, 2023

GrinduluFM Pacitan -Kapolres Pacitan AKBP Wildan Alberd menjamin netralitas jajaran Polres Pacitan dalam pemilu 2024. Hal itu disampaikan usai gelar pasukan Ops Mantab Brata dirangkaikan deklarasi damai peserta pemilu, Selasa 17 Oktober 2023. Personel Polres Pacitan harus menegakkan aturan yang berlaku selama kontestasi politik demi terjaganya situasi yang kondusif di Pacitan.

“Tadi sudah saya sampaikan waktu deklarasi saya jaminannya anggota saya akan netral. Saya kapolresnya saya tanggung jawab kalau ada anggota yang tidak menjaga netralitas.”katanya.

Polres Pacitan mengklaim telah mematangkan kesiapan pengamanan pemilu 2024 baik untuk Legislatif, pemilihan Presiden maupun Kepala Daerah.

Penguatan personil ditunjang melalui sarana dan prasarana sudah disiapkan. Kemampuan mereka untuk menghadapi situasi tak terprediksi dan memahami tahapan pemilu 2024 juga sudah melatih 340 personil pengamanan secara intensif.

Deklarasi pemilu damai partai politik peserta pemilu juga sudah digelar di gedung graham bhayangkara yang diikuti perwakilan partai politik dengan tujuan membentuk komitmen bersama dalam menjaga kelancaran keamanan ketertiban selama masa pemilu serentak 2024.

Untuk memberikan rasa aman dalam penyelenggaraan pemilu serentak 2024, Polres Pacitan menurunkan 340 personil.

Kapolres Pacitan juga mempersilahkan jika ada yang mengetahui dugaan keterlibatan anggota Polri menguntungkan kekuatan politik tertentu melaporkan pelanggarannya.

Dalam mewujudkan pemilu berjalan kondusif dibutuhkan kerja sama yang terpadu untuk menjaga setiap tahapan pemilu, apalagi pada titik yang dianggap potensi terjadi pelanggaran yang ujungnya bisa menimbulkan permasalahan bahkan pidana pemilu.

“Kita siagakan personil dan kita latih agar seluruh anggota jajaran memahami tugas dan tanggungjawabnya.”ujar AKBP Wildan.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menyatakan ASN harus pandai pandai menempatkan diri sebaik baiknya karena ASN harus bersikap netral pada sebagian tahapan. Namun pada saat coblosan ASN tetap harus menggunakan haknya untuk mencoblos.

“ASN harus netral. Aparatur Sipil Negara harus bisa menempatkan diri sebaik baiknya karena asn ini memang netral akan tetapi ASN itu juga punya hak untuk pemilihan karena dari itu untuk bisa menempatkan diri dimana ketika berada dan sebagainya sehingga yang jelas tidak melanggar peraturan perundang undangan yang sudah ada. InsyaAllah kalau itu dijalankan saya yakin semuanya bisa berjalan dengan damai.”ungkapnya.

Reporter/Penulis:Asri

Blog, Updated at: 16.37
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03