Simpan Bahan Logistik Pemilu, KPU Sewa Gudang Bulog

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Jumat, Oktober 20, 2023

GrinduluFM Pacitan - Dengan alasan susah mencari tempat yang representatif untuk penyimpanan logistik pemilu 2024 di wilayah pacitan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan menyewa gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) Kelurahan Sidoharjo Kecamatan Pacitan yang berada di kawasan Jl.Wr.Supratman.

“Kami menyewa gudang bulog karena di pacitan agak susah cari tempat yang representatif untuk penyimpanan logistik pemilu karena ada yang dipersyaratkan aturan terkait penyimpanan. Jadi kita KPU Pacitan sudah kerjasama dan koordinasi dengan KPU Provinsi Jatim untuk pengadaan penyimpananlogistik.”kata Sulis Setyorini Ketua KPU Kabupaten Pacitan usai acara Media Ghatering pengelolaan logistik.

Rini melanjutkan, salah satu yang dipersyaratkan aturan terkait penyimpanan logistik pemilu harus berada dijalur mudah dijangkau kemudian juga terkait keamanan dan harus ada cctv dan bebas hama.

KPU Pacitan sudah lakukan survey ke lokasi gudang bulog di kawasan makam kucur tersebut. Surat penawaran dan biaya sewa sudah diajukan. Menurut Sulis styorini Ketua KPU Pacitan biaya sewa kurang lebihnya sekitar Rp.300 juta.

Kebutuhan bilik suara 7440 dengan kotak suara 9324 dan tinta 3720. Pengesetan dan pelipatan surat suara rencana dikantor KPU Pacitan kemudian setelah dilakukan pelipatan dan penyortiran di distribusikan di Gudang Bulog Pacitan.

Ketua KPU Kabupaten Pacitan Sulis Styorini memproyeksikan dua tempat untuk penyimpanan logistik pemilu. Di Gudang lama yang ada di Pucangsewu dan gudang Bulog.

Sementara gudang bulog sedang proses perbaikan, logistik yang datang akan diterima KPU dan disimpan di gudang induk Kantor KPU. Rini menyebutkan bahan bilik suara itu sama persis dengan kotak suara, yaitu berbahan dupleks. Bahan itu disebut sebut kedap air dan cukup kuat menerima beban puluhan kilogram.

Untuk tahapan logistik sudah dimulai dua bulan lalu sejak Agustus sudah persiapan bait rapat koordinasi maupun bimbingan teknis.

“Jumlah TPS, pemilih, desa dan kecamatan itu akan sangat mempengaruhi pengadaan logistik atau jumlah logistik. Kemudian selain proses pengadaan kita juga melakukan komunikasi dan koordinasi dengan berbagai pihak terkait. Saat ini sudah selesai pengadaan tinggal menunggu pendistribusian ke KPU Kabupaten. Di perkirakan 1 minggu lagi sudah datang kiriman logistik.”ujarnya.

Sementara tanggapan Ketua Bawaslu Kabupaten Pacitan Syamsul Arifin, bukan masalah dimana tempatnya penyimpanan yang penting sesuai standard operating procedure (SOP) baik itu teknis pengamanan juga terjamin dari kerusakan, apalagi nanti masa penghujan perlu memetakan betul lokasi dan tempat penyimpanan untuk antisipasi kerawanan dari segala aspek baik itu hujan, banjir atau bencana lainnya.

“Misal KPU menentukan bulog tempatnya berarti harus di croscek betul tempat penyimpanan tersebut, dan Bawaslu pasti juga akan memastikan tempat tersebut layak tidaknya sesuai dengan indikator dalam insttrumen pengawasan bawaslu untuk dipakai sebagai tempat penyimpanan logistik.”tanggapnya.

Reporter/Penulis:Asri

Blog, Updated at: 13.00
Tuliskan komentar positif Anda di bawah ini
03