Musim Kemarau Gerombolan Monyet Serang Tanaman Pertanian Warga Dusun Sawahan Desa Sambong

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Selasa, September 12, 2023

GrinduluFM Pacitan -Sudah hampir dua tahun terakhir binatang liar bermunculan keluar dari sarang untuk mencari makan di permukiman penduduk Dusun Sawahan Desa Sambong. Apalagi saat musim kemarau kali ini kawanan monyet datang di siang hari saat pemilik tidak ada. Tanaman ubi kayu dan palawija lainnya juga ikut di makan. Kalau malam hari gantian celeng yang berkeliaran memakan tanaman pertanian warga.

Keresahan petani tersebut dsampakan Santoso warga Dusun Sawahan Desa Sambong. Dia mengatakan pada saat musim kemarau monyet bermunculan. Tanaman ubi kayu miliknya habis dimakan monyet. Akhirnya dia memilih untuk tidak tanam umbi umbian. Dari pada lahannya kosong tidak ditanami, petani pilih tanam kencur. Namun harga jual kencur sangat rendah.

“Ubi kayu kita gak pernah panen, segerombolan monyet, celeng memakan sebelum waktu panen. Meski ditunggu tetep kalah gesit dengan monyet. Lebh pinter monyet daripada petaninya, sekarang tidak ditanami ketela pohon, apalagi air sulit disini.”katanya.

Tidak hanya monyet dan celeng yang mulai keluar dekati permukiman saat kemarau kali ini, warga juga resah dengan munculnya tikus berukuran besar masuk rumah.

Sulastri warga dusun sawahan desa sambong menuturkan, di ladang tidak aman monyet dan celeng, kalau di rumah muncul tikus berukuran besar. Dimungkinkan tikus itu juga mencari makanan.

“Saestu niki, wong ndeso ora uman karo kethek. Wayah kemarau niki. Nopo mungkin arep larang pangan nggih.”tuturnya.

Sementara dalam kesempatan berbeda, Sugeng Santoso Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pacitan ikut membenarkan jika musim kemarau saat ini di pedesaan musuh alaminya petrani adalah serangan dari monyet dan celeng. Sehingga stok pangan ketela pohon mulai menipis. Saat ini banyak wilayah pedesaan melapor serangan hamanya celeng dan monyet.

“Masyarakat memang tidak berani tanam ketela pohon, jagung pada umumnya dirusak hewan liar. Kebanyakan tahun ini tidak tanaman umbi umbian terutama ketela pohon. Sebagai alternatip sumber pangan produksi ketela pohon terancam kekurangan.”katanya.

Produksi ubi kayu tahun 2023 sebanyak 126.695 ton. Target itu tidak tercapai tahun ini, banyak tidak berani tanam petani karena serangan hama alami monyet dan celeng.

Upaya Pemkab dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pacitan kerjasama dan memberikan informasi masyarakat melakukaan pencegahan pengendalian hewan dengan cara alami memanfaatkan anjing untuk memburu dan mengusir segerombolan monyet.

Reporter/Penulis:Asri

Blog, Updated at: 12.49
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03