Terjadi Kekosongan Puluhan Jabatan Kepala Desa Kini Diampu Penjabat (Pj), Pengisian Definitif Tunggu Pilkades 2025

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Selasa, Agustus 08, 2023

GrinduluFM Pacitan -Pada tahun 2024 mendatang bakal terjadi kekosongan jabatan kepala desa (kades) sebanyak 33 desa. Kekosongan jabatan kepala desa tersebut tersebar di berbagai desa di Kabupaten Pacitan. Akibat kekosongan jabatan kepala desa kini diampu penjabat (Pj).

Hal tersebut sebagaimana di benarkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa DPMD Kabupaten Pacitan Heri Setijono saat dikonfirmasi GrinduluFM, Selasa 8 Agustus 2023.

“Kalau yang tahun depan itu kemungkinan sekitar 33. Adapun tahun 2023 ada 9 kepala desa diampu penjabat (Pj) karena Pileg kemaren ada yang ikut caleg.”katanya.

Heri Setijono menjelaskan proses pengisian perangkat desa sebenarnya bakal digelar pada Agustus 2024 hasil Pilkades serentak. Namun kekosongan kepala desa yang cukup banyak tahun depan inipun urung terisi sebab suka tidak suka Pilkades 2024harus ditunda dengan alasan berbenturan dengan Pemilu.

“Untuk agenda Pilkades 2024 diundur hingga tahun 2025. Sebab penyelenggaraan Pilkades serentak 2024 mendatang berbenturan dengan pemilu.”jelasnya.

Untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan terkait ditundanya penyelenggaraan Pilkades 2024, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa sudah lakukan sosialisasi.

Heri Setijono menyebutkan ada 21 desa bakal menggelar Pilkades 2025. Termasuk diantaranya desa pemekaran yakni desa ketroharjo.

“Pengisian Pj itu bukan tanpa alasan nggih,agar roda pemerintahan di desa bisa tetap berjalan Karena kewenangan jabatan Pj itu tak beda jauh dengan kepala desa.”pungkasnya.

Reporter/Penulis:Asri

Blog, Updated at: 14.19
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03