Krisis Air Bersih Semakin Meluas, Polres Gencar Distribusi ke Desa Desa Membutuhkan

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Rabu, Agustus 09, 2023

GrinduluFM Pacitan -Warga yang merasakan krisis air bersih di Kabupaten Pacitan semakin meluas memasuki awal Agustus 2023. Sudah dua minggu terakhir hujan juga tidak lagi turun mengakibatkan sumber air warga mulai berkurang dan juga keruh.

Melihat kekeringan semakin meluas Polres Pacitan gencar mendistribusikan air bersih ke sejumlah desa desa yang membutuhkan. Rabu 9 Agustus 2023, Polres Pacitan kembali mendistribusikan air bersih. Kali ini wilayah barat yang menjadi lokasi penyaluran bantuan.

“Lokasi yang kita distribusikan hari ini Desa Belah Kecamatan Donorojo. Di Dusun Ngelo, Glonggong dan Ploso Punung perbatasan Jalan Pacitan - Solo.”kata Kapolres Pacitan AKBP Wildan Alberd.

Tujuan pendistribusian air bersih tersebut lanjut Kapolres AKBP Wildan untuk membantu warga yang mulai kesulitan mengkonsumsi air bersih. Masing masing truk tangki air berkapasitas 5 hingga 6 ribu liter.

“Kita membantu bagi warga desa yang sudah sangat membutuhkan bantuan air bersih.”lanjutnya.

Sementara pemerintah daerah sudah berupaya maksimal menanggulangi kekurangan air bersih disejumlah desa terdampak kekeringan, namun kebutuhan air bersih masih di rasakan kurang oleh warga yang belum teraliri PDAM dan sedikitnya embung penampungan air hujan.

Kehadiran jajaran polres yang turut serta mendistribuskikan air bersih sangat membantu warga terdampak.

“Kegiatan distribusi air bersih Polres juga bersama sama dengan BPDB Pacitan. Lokasi terpencar agar semua desa yang membutuhkan air bersih bisa terlayani cepat dan merata.”ucap Radite Suryo Anggono Kasi Kedaruratan dan Logistisk BPBD Pacitan.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Pacitan permintaan bantuan droping air bersih mulai bertambah memasuki awal Agustus 2023. Namun yang meminta secara bersurat ada 8 desa. Radite mengarahkan untuk desa desa yang terdampak kekeringan bisa mengirimkan surat ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Pacitan.

“Kalau yang bersurat ke BPBD masih 8 Desa yang mengajukan bantuan droping air bersih sampai hari ini.”ucap Radite Suryo Anggono Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Pacitan.

Reporter/Penulis: Asri

Blog, Updated at: 09.21
Tuliskan komentar positif Anda di bawah ini
03