Tahap Pertama Dana Hibah Pilkada 2024 Pacitan Bakal Segera Dicairkan

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Senin, Agustus 14, 2023

GrinduluFM Pacitan -Dana Hibah Pilkada 2024 Kabupaten Pacitan tahap pertama segera dicairkan. Dana hibah Pilkada 2024 itu rencana dicairkan dua tahap. Tahap pertama tahun 2023 dan tahap kedua tahun 2024.

Sekretaris Daerah Pemkab Pacitan Heru Wiwoho mengatakan usulan dana hibah Pilkada 2024 Pacitan yang telah diajukan, untuk tahap pertama 40 persen segera cair tahun ini. Sekarang masih butuh pencermatan dan di koordinasikan lagi.

“Ini masih dicermati, mungkin masih ada lagi yang bisa dikurangi. Tapi tahun ini yang 40 persen segera kita cairkan, yang 60 persen tahun depan.”katanya.

Sekda Heru Wiwoho menjelaskan, pencermatan butuh dilakukan berulang ulang. Dan yang penting meski efisiensi tapi harus tetap bisa dilaksanakan.

“Jangan sampai efisiensi tapi tidak bisa berjalan. Tetep dikoridori tetep dicermati lagi.”jelasnya.

Ditambahkan Sekda Heru Wiwoho, saat ini belum ada keputusan yang disertai dengan NPHD atau naskah perjanjian hibah daerah.

“Tapi pencairan segera dilakukan, kalau nggak bulan ini ya bulan depan.”ungkapnya.

Diperkirakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) mendapatkan anggaran Pilkada 2024 sebesar Rp.39 miliar. Sedangkan Bawaslu Rp. 11 miliar lebih sekian. Tapi sampai saat ini besaran itu belum dipastikan sebab masih dicermati lagi. Bisa kemungkinan tambah, bisa juga kemungkinan berkurang.

Penggelontoran dana hibah diperuntukan KPU dan Bawaslu tersebut dalam rangka mendukung suksesnya Pemilihan Kepala Daerah 2024.

“Dana hibah ini bersumber Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Saat ini masih pencermatan terus tim anggaran pemerintah daerah (TAPD). Saya belum bisa memastikan pagu anggaran yang akan disetujui. Yang jelas, segera cair dalam waktu dekat ini untuk tahap pertama 40 persen.”tutup Sekda Heru Wiwoho.

Reporter/Penulis:Asri

Blog, Updated at: 13.09
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03