Museum Kepresidenan Berkelas Dunia Ada di Pacitan, Museum dan Galeri Seni SBY-Ani Diresmikan 17 Agustus

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Sabtu, Agustus 12, 2023

GrinduluFM Pacitan -Setelah 3 tahun, sejak Februari 2020 awal pembangunan, kini pembangunan museum dan Galeri Seni SBY-Ani dibangun diatas lahan seluas 1,5 hektar di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kelurahan Ploso Pacitan segera diresmikan oleh Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Museum kepresidenan di dunia kita tidak akan menemukan lukisan,lagu dan puisi yang ditulis sendiri oleh presidennya. Namun di museum SBY -Ani itu ada kita temukan.”katanya.

Peresmian dilaksanakan tepat dihari Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2023.

Direktur Eksekutif Museum dan Galeri Seni SBY-Ani, Ossy Dermawan saat Konferensi Pers Sabtu (11/08/2023) mengatakan, Museum SBY-Ani akan unik. Akan sulit mencari museum kepresidenan yang memuat lukisan, puisi, lagu lagu yang ditulis oleh presidenannya sendiri.

“Hari baiknya dipilih 17 Agustus 2023 pukul 19.30 WIB untuk peresmian. Yang diinginkan bapak SBY bukan acara seremonial nya tapi sebagai ungkapan syukur SBY setelah memakan waktu 3 tahun sempat diterpa Covid-19 museum ini siap dibuka untuk publik.”ucapnya.

Dalam peresmian Museum SBY-Ani ada 800 hingga 1000 undangan yang akan hadir mayoritas dari Pacitan. Harapannya ikut berdoa agar museum membawa berkah bagi masyarakat Pacitan.

Sementara Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji merasa bangga sebab salah satu museum terbesar didunia itu letaknya di Pacitan, ini kebanggaan yang sangat luar biasa.

Dilanjutkan Bupati Aji, selama ini Pacitan punya destinasi wisata luar biasa tapi tidak punya wisata buatan seperti museum. Karena itu dengan dibangunnya museum SBY-Ani di Pacitan merasa sebagai kebanggaan luar biasa.

“Saya browsing museum kepresidenan yang akan kita launching Museum SBY-Ani salah satu museum terbesar di dunia, letaknya di Pacitan.”lanjutnya.

Bupati Aji dalam konferensi pers dengan awak media menekankan dengan diresmikannya museum ini bisa dimaknai tidak hanya sebagai miliknya SBY tapi milik dari Pacitan. Warga masyarakat Pacitan harus mempunyai rasa memiliki akan museum ini. Ada harapan besar agar museum bisa lancar, rame dan berdampak pada ekonomi masayarakat pacitan. Dengan adanya museum di pacitan selalu dapat berkah dari SBY sehingga pacitan diangkat namanya didunia international bukan hanya nasional saja. Cuplikan sejarah tentang siapa SBY dan bagaimana rekam jejaknya semua akan ditemukan di museum galeri seni SBY-Ani.

“Setelah diresmikan 17 Agustus malam nanti ditanggal 18 Agustus akan dibuka untuk umum.”terang Aji

Jam operasional Museum mulai jam 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. Setiap Hari Selasa Museum akan ditutup untuk waktu maintenance atau perawatan dan konsolidasi.

Adapun harga tiket masuk Museum Galeri Seni SBY-Ani untuk warga lokal pacitan dibandrol Rp.25.000; sedangkan untuk wisata nasional ditarif Rp,50.000 dan untuk wisata mancana Negara di bandrol Rp.100.000;

“Semua area Museum boleh dikunjungi bebas masyarakat umum akan tetapi khusus untuk Wisma Drupadi tidak dibuka untuk umum. Ada penjagaan ketat dari petugas pengamanan kepresidenan.”tutup Ossy.

Reporter/Penulis:Asri

Blog, Updated at: 16.12
Tuliskan komentar positif Anda di bawah ini
03