Peninjauan dan Uji Coba Kunjungan Publik ke Museum dan Galeri Seni SBY-ANI: Momen Penting Melestarikan Ilmu Seni Budaya dan Mengenang Jasa SBY-Ani Untuk Negeri

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Senin, Juli 17, 2023

GrinduluFM Pacitan -Hal itu disampaikan Edi Baskoro Yudhoyono saat memberikan sambutan dihadapan tamu undangan pada acara peninjauan dan uji coba kunjungan publik Museum dan Galeri SBY-ANY, Senin (17/7/2023).

“Museum ini merupakan hadiah terbesar dari pak sby bagi masyarakat pacitan. Hadiah atas ungkapan terimakasih dan atas kecintaan warga di pacitan.”ucapnya.

Tamu undangan pada acara tersebut diantaranya kepala desa/lurah, pengawas SD, SMP dan caleg demokrat.

Edibaskoro menambahkan acara peninjauan dan uji coba kunjungan publik museum dan galeri seni sby-ani ini merupakan moment yang penting dalam kita mengapresiasi dan melestarikan ilmu seni dan budaya di Indonesia serta mengenang perjalanan jasa dan kontribusi ayahnda Profesor Susilo Bambang Yudhoyono Presiden RI ke 6 dan ibu Ani Yudhoyono almarhumah dalam memajukan negeri. “Untuk itu kita mengajak mari kirimkan doa untuk bu ani disuraga semoga husnul khotimah. Alfatihah.....Aamin.”ucapnya

Kepada bupati pacitan sebagai wakil rakyat Edibasakoro sangat mendukung penuh pengembangan ilmu karya dan pelestarian seni budaya di Indonesia.

“Karena ilmu merupakan cerminan kemajuan dan seni merupakan jiwa identitas bangsa.”imbuhnya.

Menurut Edibaskoro yang berkecimpung sebagai wakil rakyat DPR RI selama 15 tahun ini, setiap pemimpin itu ada masanya dan setiap masa itu ada pemimpinnya.

Sementara itu direktur eksekutif museum dan galeri Ozi Darmawan dalam sambutannya mengatakan untuk Kepala Desa/Lurah, pengawas sekolah sd,smp dan caleg demokrat sebagai pihak pertama yang dapat melihat dan merasakan secara langsung museum dapat mengabarkan kepada masyarakat luas atas kehadiran museum sby-ani yang diharapkan mampu meengangkat citra pacitan dimata asean dan international bahkan mata dunia.

“Museum ini tidak akan berkembang sesuai harapan kita tanpa bantuan promosi dari seluruh elemen masyarakat di pacitan. Karena itu kami sangat berharap kerjasamanya untuk bisanya ketok tular.”ujarnya.

Ozi Darmawan menyebutkan jika museum sby-ani akan menjadi tambahan daya tarik pacitan sebagai daerah yang dikaruniai keindahan dari Tuhan.

Pihaknya melaporkan pada tamu undangan telah melakukan MOU dengan sejumlah SMK di pacitan untuk menampung tenaga magang sesuai kebutuhan museum.

“Perlu kami laporkan juga pada bupati, kami telah lakukan mou dengan beberapa smk di pacitan untuk menampung tenaga magang sesuai kebutuhan museum ini. Ini adalah wujud kepedulian kami dalam membangun kualitas sumber daya manusia di pacitan.”sebutnya.

Kedepan pihaknya akan laksanakan kerjasama dengan umkm di pacitan untuk mengisi museum store. Dalam rangka persiapan acara peresmian selaku direktur eksekutiv, pihaknya sudah lakukan ziarah makam leluhur di pacitan untuk meminta doa restu atas rencana perasmian museum dan galeri sby-ani.

Tampak pula tamu undangan uji coba kunjungan publik tersebut diajak berkeliling melihat dan menikmati museum secara rileks. Sementara Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengatakan dalam museum ini akan terjawab secara gamblang tentang siapa, bagaimana sepak terhang SBY baik itu sebagai pribadi dan sebagai tokoh bangsa.

“Saya yakin panjenengan sedoyo akan menjadi paham bagaimana kiprah sby selaku priadi dan untuk bangsa indonesia setelah keliling nanti.”ungkapnya.

Bupati mengucapkan terimakasih atas nama masyarakat pacitan kepada keluarga besar SBY yang sudah mendirikan museum di pacitan.

Mendirikan museum sebesar ini tentu membutuhkan anggaran tidak sedikit. Namun karena kecintaannya pada masyarakat pacitan dipilihlah pacitan sebagai tempatnya.

“Kalau bukan pak SBY tentu tidak akan mudah. Bisa menafsirkan kira kira habisnya berapa bangunan sebesar dan semegah ini. Kenapa diletakan dipacitan tentu sesuatu yang luar biasa. Bagi masyarakat umum untuk investasi akan mencari lokasi yang strategis tentunya dengan anggaran sebesar itu, apalagi akses ke pacitan belum begitu banyak, namun semangat pak sby demi rasa cintanya pada masyarakat pacitan. Hal itu tentu sudah menjadi tugas kita bersama balas budi pada beliau dengan mengajak sebanyak banyaknya masyarakat untuk hadir ke museum.”tutupnya.

Kata bupati aji, museum akan mendongkrak pariwisata di pacitan yang itu menjadi visi misi di kepemimpinannya yaitu menjadikan parriwisata sebagai lokomotip nya penggerak ekonomi di pacitan.

Reporter/Penulis: Asri

Blog, Updated at: 17.25
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03