Bakar Ikan Gratis 1,5 Ton Warnai Peringatan Malam Satu Suro di Pacitan

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Selasa, Juli 18, 2023

GrinduluFM Pacitan -Bakar Ikan gratis 1,5 ton merupakan rangkaian peringatan Malam Satu Suro di Kabupaten Pacitan. Acara tersebut diselenggarakan Selasa Kliwon (18/7/2023) di Pelabuhan Tamperan.

Damhudi Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Kabupaten Pacitan mengatakan sedekah tersebut merupakan hasil nelayan pacitan. Sebanyak 1445 kg ikan dibakar gratis untuk umum.

“Sebanyak 6.000 an ekor ukuran 3-5 ekor perkilogram juga disediakan untuk bakaran gratis, ada juga seberat 32 kg bakal di bakar. Satu ekor bisa untuk 128 orang.”katanya

Jumlah peserta yang mengikuti festival nelayan dalam tasyakuran laut dirangkai peringati malam tahun baru islam tahun 2023 diperkirakan sejumlah 500 orang lebih.

Setelah acara pembukaan tasyakuran akan di lakukan pelarungan tumpeng sesaji.

“Mudah mudahan membawa berkah dan kedepan memperoleh hasil sebesar besarnya.”lapor Panitia

Menurut laporan ketua panitia dalam acara pembukaan tasyakuran laut Selasa (18/7/2023), jumlah peserta dalam festival nelayan mencapai 500 orang lebih.

Sementara itu Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji dalam sambutannya yang dibacakan asisten ahli bidang pembangunan ekonomi dan keuangan Masrukin satu tradisi yang lazim dilakukan yaitu tasyakuran laut.

“Masyarakat nelayan pacitan selalu menyambut dengan antusias. Satu tradisi yang lazim dilakukan yaitu tasyakuran laut karena ada banyak yang tersurat salah satunya rasa syukur. Bupati berpesan dalam satu suro ini agar makna introspeksi diri kearah yang lebih terutama bermanfaat bagi diri keluarga atau masyarakat dibanding tahun sebelumnya.”sambutnya.

Selain itu panitia sebelumnya juga mengelar lomba angkat genset terlama, lomba dayung, balap jakung dan bazar umkm. Beragam kegiatan lain mulai kembul bujana purak tumpeng, kirab tasyakuran laut, seni reog, acara ruwatan dan ditutup dengan gelaran pengajian.

Rangkaian peringati malam satu suro juga digelar mlaku suran, start Pendopo menuju pantai pancer door, selain itu ada sedekah bumi di pantai pidakan.

"Rute mlaku suran, Pendopo-Penceng-Kelurahan Ploso-Cuwik-Bok Kebo-JLS-Pancer Door-Kembul tempelang."terang panitia.

Reporter/Penulis:Asri

Blog, Updated at: 15.07
Tuliskan komentar positif Anda di bawah ini
03