Festival Rawat Jagat 2023 Disebar di 4 Venue, Acara Berjalan Lancar

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Sabtu, Juli 29, 2023

GrinduluFM Pacitan -Mengusung tema semangat pacitan, festival rawat jagat 2023 digelar secara menyebar menjadi 4 venue atau panggung. Panggung utama berada di Penceng. Kemudian panggung 1 berada di depan SMPN 1, panggung 2 ada di Perpustakaan dan panggung 3 ada di DPRD.

Adapun prosesi rawat jagat dilaksanakan di halaman Pendopo Kabupaten.Prosesi rawat jagat dihalaman pendopo kabupaten juga dimeriahkan tari kethek ogleng.

Kepiawaian seniman dan budayawan Pacitan dipertaruhkan pada Festival Rawat Jagat yang digelar Sabtu 29 Juli 2023. Betapa tidak, sukses tidaknya festival rawat jagat melalui penggagasnya Konsorsium Kangen Pacitan kolaborasi dengan seniman dan budayawan pacitan ini merupakan momentum untuk membuktikan pada masyarakat lokal, nasional dan dunia bahwa seniman seniman di Pacitan memiliki ide kreasi yang ada akar budaya adiluhung dan mendasar dimana setiap budayanya mengandung makna ajaran kebaikan.

Koordinator Festival Jagad 2023 Bangun Narrutama mengatakan, festival Rawat Jagat 2023 merupakan ruang bagi seniman dan budayawan untuk unjuk kebolehan yang ditonton ribuan warga baik itu dari pacitan maupun dari luar pacitan.

Dalam prosesi rawat jagat ada kirab panji dan gunungan, pentas kesenian tradisi dan modern, video mapping, pasar kuliner dan kerajinan di sepanjang jalan jendral, A. Yani. Mulai dari Pendopo Kabupaten sampai Tugu Penceng Pacitan.

“Panji panji dari desa desa di 12 kecamatan serta bendera panji diarak sepanjang jalan yang berhias penjor janur, menuju panggung utama, berjejer ratusan tumpeng yang disiapkan untuk di santap bersama.”katanya.

Sementara Ketua Konsorsium Kangen Pacitan Yusuf menambahkan, jika festival rawat jagat ini dalam upaya menggali dan mengembangkan potensi kebudayaan di pacitan yang kaya dan unik.

“Yang ujungnya dari kegiatan ini untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama terkait perekonomiannya bagi pedagang.”imbuh Ucup panggilan kecilnya.

Di setiap jalan dari venue 1 hingga venue 4 akan di kumandangkan sholawatan. Dari penampilan seni budaya di masing masing venue mencerminkan tentang lingkungan.

Seniman dan budayawan yang tergabung di sanggar maupun pribadi antusias partisipasi memberikan tampilan yang menghibur bagi masyarakat.

Potong tumpeng dilakukan Bupati secara simbolis untuk selanjutnya diarak menuju panggung utama prosesi rawat jagat di perempatan penceng.

Festival rawat jagat 2023 diikuti ratusan peserta dan ditonton ribuan warga tampak berjalan lancar. Kegiatan itupun dapat apresiasi dari aparat maupun masyarakat karena berjalan lancar dan aman.

“Jangan lupa dan jangan lupa tegas Bangun, prosesi rawat jagat ini diharapkan bisa memberikan dampak ekonomi lebih baik bagi masyarakat.Itu yang terpenting. Dan satu lagi, Alhamdulillah berjalan lancar prosesinya.”pungkasnya.

Reporter/Penulis: Asri

Blog, Updated at: 16.28
Tuliskan komentar positif Anda di bawah ini
03