Trafo di Kawasan Perempatan Alijah Meledak Keluarkan Api, Warga dan Pengendara Panik

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Rabu, Agustus 02, 2023

GrinduluFM Pacitan -Trafo listrik milik PT PLN di kawasan Perempatan Alijah Kelurahan Ploso Kecamatan Pacitan atau jalur Jalan Gatot Subroto meledak, Rabu 2 Agustus 2023 sekitar pukul 09.30 WIB. Ledakan cukup keras mengagetkan warga sekitar yang sedang beraktivitas. Bukan hanya warga sekitar saja, pengendara yang sedang berhenti di lampu merah (Traffic Light Alijah) juga ikut menyelamatkan diri melihat api menyala.

Kristin (33) warga sekitar mengatakan sempat mendengar suara ledakan saat berada di dapur disertai suara aneh di peralatan elektronik miliknya.

“Saya kaget ada suara ledakan keras, tak kira ada tabrakan di depan rumah, ternyata ada trafo terbakar, saya masuk rumah lagi saya cabut peralatan elektronik semuanya, Lalu saya lari menyelamatkan diri bersama adik saya. Takut kalau apinya merambat.”katanya sambil terengah engah.

Sementara warga yang lain takut terjadi kebakaran menghubungi Pemadam Kebakaran (DAMKAR).

Berselang beberapa menit kemudian, petugas PLN datang langsung memeriksa dan api dapat di padamkan sebelum mobil pemadam kebakaran sampai ke lokasi.

Manajer PLN ULP Pacitan Aditya Bimantara membenarkan telah terjadi gangguan di salah satu trafo yang ada di kawasan Jl. Gatot Subroto Kelurahan Ploso tersebut.

Terbakarnya trafo di kawasan Alijah tersebut, Traffic Light sempat tidak menyala dipersimpangan lampu merah (Penceng) hingga lampu merah Alijah akibat aliran listrik ke traffic Light terputus.

“Pemadaman tadi sekitar 20 menit ya, langsung bisa dinyalakan kembali.”ungkapnya.

Terbakarnya trafo di kawasan Alijah itu diperkirakan karena peralatan. Sehingga peralatan itu memang butuh dicek tapi gangguan peralatannya apa, petugas PLN masih perlu cek kembali. Saat ini peralatan masih diturunkan untuk dicek.

“Itu ada gangguan tidak terencana, pagi tadi sudah terjadi seperti itu tapi untuk saat ini langsung dinyalain. Ya itu gangguan tidka terencana. Temen temen cek dilokasi langsung di lokalisir, langsung penyalaan kembali. Jadi insyaAllah aman. Warga tidak perlu panik, bisa kembali aktivitas lagi.”ujarnya.

Aditya Bimantara yang baru sehari menjabat Manajer PLN ULP Pacitan tersebut mengatakan, hasil pemeriksaan untuk K3 aman tidak ada masalah sehingga warga tidak perlu khawatir berlebihan.

“Nanti alatnya kita turunkan untuk dicek sama temen temen petugas. Pada intinya posisi aman tidak ada kendala, secara K3 tidak ada masalah aman semua. Sekarang sudah aman.”pungkasnya.

Reporter/Penulis:Asri

Blog, Updated at: 14.51
Tuliskan komentar positif Anda di bawah ini
03