PDIP, NasDem, Demokrat Daftar Bacaleg di Hari Kamis, Ketiganya Target Tinggi Pileg 2024

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Kamis, Mei 11, 2023

GrinduluFM Pacitan -Hari Kamis menjadi pilihan ketiga partai politik yaitu PDIP, NasDem dan Demokrat untuk melakukan pendaftaran bacaleg nya ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan.

Diawali PDI Perjuangan sekitar jam 10.17 menit, disusul partai NasDem, kemudian partai Demokrat.

Antusias ketiga partai politik pun tak terbendung, tampak pada hari ke 11 di buka pendaftaran, ketiga partai tersebut datangi KPU dengan aksi longmarch dari kantor masing masing hingga menampilkan budaya lokal. Tidak itu saja, ketiga partai ini sama sama memiliki target tinggi untuk menang di Pemilu legislatip 2024.

Deni Wicaksono Pelaksana Harian Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pacitan menargetkan pemilu legislatip 2024 harus mendapatkan 12 kursi.

“Kami tidak main main, kami siap berjuang bersama untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat pacitan melalui pemilu legislatip dengan tambah 12 kursi. PDI Perjuangan punya komitmen itu, kita akan bersinergi sehingga pacitan bisa kembali memerah.”katanya

Plh PDIP Kabupaten Pacitan Deni Wicaksono dalam sambutannya di hadapan awak media juga sempat mengkritik kondisi angka stunting dan kemiskinan di Pacitan karena itu dengan munculnya wajah wajah baru diharapkan bisa mewakili beberapa elemen untuk dirangkul bersama.

‘Pacitan butuh orang orang baru yang perlu kerja keras, perlu kebersamaan, perlu gotong royong dari seluruh elemen.”imbuhnya

Sedangkan partai NasDem juga sama memiliki target tinggi untuk menambah perolehan kursi dibanding tahun sebelumnya.

Dikatakan Suyatni Priasmoro Ketua DPD Nasdem Kabupaten Pacitan, semua partai pasti punya target lebih tinggi, kalau bisa NasDem 100 persen terisi semuanya. Tapi sekurang kurangnya memperbaiki diri dari target tahun sebelumnya.

“Tahun sebelumnya kita ada 2 kursi. Realistis sajalah biar proses berjalan alamiah. Kita tidak mau menang dengan cara yang menyimpang dari aturan.”katanya

Sementara partai demokrat berkeinginan target mereka minim dapat 23 kursi.

Dikatakan Ketua DPC Demokrat Pacitan Indrata Nur Bayuaji, target demokrat 50 persen plus.

“Target kami itu sangat realistis. Karena tidak hanya di pacitan. Tapi kalau kita lihat daerah lain ada partai yang sudah bisa mencapai 50 persen lebih di dprd. Jadi di pacitan dengan segala kondisi yang ada insyaAllah pacitan juga terkenal etalase demokrat di Indonesia ini maka harapannya masyarakat pacitan lebih mencintai pada democrat. Artinya 50 persen plus itu jika total 45 kursi yang ada, kita target minim dapat 23 kursi. Tapi kami juga tidak menolak rejeki, misal 50 persen plus 5 atau plus 7. Minta doanya.”katanya

Jika di total dari awal dibukanya pendaftaran bacaleg di KPU tanggal 1 hingga 11 Mei 2023, ini berarti baru ada 5 partai politik yang sah mendaftarkan. Sementara waktu buka pendfataran tinggal 3 hari, seperti dijadwalkan sampai 14 Mei 2023.

Dari kelima partai politik yang sudah mendaftar, semuanya mengklaim bacalegnya telah memenuhi kuota keterwakilan perempuan 30 persen.

Meski begitu, jumlah bacaleg laki laki ternyata masih tetap terlihat lebih banyak, dan itu tampak hampir disemua partai politik.

Semoga saja, keberadaan calon legislatif perempuan di setiap partai politik tidak hanya sekedar pelengkap untuk memenuhi syarat. Betapa tidak. Terbukti, dari sejumlah caleg perempuan yang dicalonkan di daerah pemilihan (dapil) masih banyak ditemui yang menempati nomor urut besar. Sehingga potensi untuk terpilih lebih rendah jika di banding caleg laki laki.

Reporter/Penulis:Asri

Blog, Updated at: 15.25
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03