ASN Pensiun Dilingkup Pemkab Pacitan Setiap Tahunnya Tergolong Tinggi

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Kamis, Mei 04, 2023

GrinduluFM Pacitan -Jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pacitan yang pensiun setiap tahunnya tergolong tinggi. Pada sisi lain rekruitmen CPNS belum jelas kepastian nya. Pada tahun 2022 Badan Kepegawaian Pendidikan dan pelatihan Daerah (BKPPD) Pacitan mendata kurang lebih 400 an PNS pensiun. Pada tahun 2023 ini ASN yang pensiun diperkirakan juga mencapai ratusan.

“Kemaren saja bulan Juli Agustus September 2022 diperkirakan ada 112 kita terimakan.”katanya

Rudi Haryanto menambahkan, tahun 2023 ini untungnya ada formasi P3K kurang lebih ada 500 orang. Harapannya dengan formasi P3K itu setidaknya bisa menutupi kekurangan.

Adapun formasi P3K tersebut diantaranya tenaga guru sejumlah 250, tenaga kesehatan sejumlah 150 dan tenaga teknis sejumlah 100 orang.

“Saya berharap ini nanti bisa menutup kekurangan tenaga PNS yang semakin kempis akibat pensiun. Soalnya saat ini di kantor kantor itu mulai banyak kekurangan staf.”imbuhnya

Jika melihat kondisi jumlah PNS yang semakin tahun semakin berkurang karena pensiun tentu menimbulkan keprihatinan tersendiri.

Betapa tidak! moratorium dari Pemerintah Pusat yang membatasi jumlah penerimaan pegawai baru menjadi salah satu pemicu tidak imbangnya antara jumlah PNS yang pensiun dengan penambahan PNS yang baru.

Terkait rekrutmen CPNS, Pihaknya belum bisa memastikan, hingga kini belum ada petunjuk dari Badan Kepegawaian Negara.

“Untuk mengisi kekurangan PNS dilingkup Pemkab Pacitan akan memaksimalkan SDM yang ada saja. Yang terpenting pelayanan masyarakat jangan sampai terganggu dengan banyaknya PNS pensiun setiap tahunnya.”tutupnya

Reporter/Penulis: Asri

Blog, Updated at: 14.47
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03