Hati-Hati! Ini Peta Jalur Rawan Kecelakaan dan Macet di Pacitan saat Arus Mudik Lebaran 2023

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Sabtu, April 08, 2023

GrinduluFM Pacitan - Kepolisian Pacitan telah memetakan sejumlah jalur yang rawan kecelakaan lalu lintas saat arus mudik dan balik Lebaran 2023. Jalur yang dipetakan masuk dalam jalur rawan kecelakaan berada di JLS Sirnoboyo dan JLS Barean.

Polres Pacitan melaksanakan sosialisasi himbauan untuk pengendara berhati hati saat melintas jalur yang dipetakan sebagai jalur rawan kecelakaan tersebut.

Selain itu polres juga melakukan patroli di daerah rawan laka, melaksanakan pemasangan banner dan spanduk di daerah rawan laka.

“CB Jalur rawan GAR kita melaksanakan patroli dan penindakan pelanggaran.”papar Kapolres Pacitan AKBP Wildan Alberd dihadapan Forkopimda dan tokoh masyarakat pada Rapat Koordinasi terkait Operasi Ketupat di Graha Bayangkara Polres, Kamis(06/04/2023).

Selain memetakan daerah rawan laka, Polres Pacitan juga memetakan jalur rawan macet dan jalur rawan bencana alam dan non alam sebagai persiapan arus mudik dan balik lebaran 2023. Pengendara dihimbau hati hati saat melintas jalur rawan macet yakni jalur JL. Panglima Sudirman (Pasar Arjowinangun).JL Pacitan-Ponorogo (Pasar Arjosari dan Pasar Tegalombo).

Adapun untuk jalur perkotaan yang dipetakan sebagai jalur macet ada di JL. Gatot Subroto (GAR) dan jalur JL.Jendral Sudirman.

Dijalur rawan macet tersebut, petugas polisi melaksanakan rekayasa lalu lintas dan pamturalin apabila terjadi kemacetan.

Selanjutnya Kapolres Pacitan AKBP Wildan Alberd menjelaskan jalur rawan macet dipetakan terjadi di titik lokasi wisata seperti pantai klayar. Untuk itu Polres Pacitan telah memetakan jalur alternatif pantai klayar. Diantaranya Jalur Alternatif JL Kalak- Widoro- Pacimantoro. Jalur dapat ditempuh dengan jarak 6KM/15 menggunakan R2 dan R4. Kemudian jalur alternatif JL.Dersono Kec.Pringkuku jarak 31KM/59 menit dari Pusat kota. Jalur alternatif Sukodono.

“Jika terjadi kemacetan di Goa Gong, maka jalan ditutup di simpang tiga Masjid Punung dan dialihkan ke tempat wisata yang lain.”jelasnya

Sementara ruas jalan yang rawan bencana, Polres menyiapkan sejumlah jalur alternatif bagi para pengendara nanti.

Jalur alternatif Pacitan-Trenggalek.Untuk Jalan Wonokarto Ponorogo jalur dapat ditempuh dengan jarak 37.6 KM / 1 Jam 20 Menit melewati Kecamatan Tulakan, jalur ini hanya bisa ditempuh menggunakan R2. Kemudian jalur alternatif Jalan Pacitan Lorok, jalur dapat ditempuh dengan jarak 39.5 KM / 1 Jam 8 menit melewati Kecamatan Tulakan. Jalur ini hanya bisa ditempuh menggunakan R2dan R4. Selanjutnya Jalur Utama Pacitan-Trgenggalek (Panggul) melewati Kecamatan Ngadirojo dan Sudimoro, jarak tempuh dari pusat kota 43.9 KM / 1 Jam 50 menit.

Sementara untuk kawal libur mudik dan balik Lebaran 2023, Polres Pacitan menyiapkan skema pemantauan dan pengamanan di wilayah Kabupaten Pacitan, Kapolres Pacitan AKBP Wildan Alberd menegaskan pihaknya mendirikan sebanyak 4 pos pengamanan, 1pos pelayanan di posyan alun- alun dan 8 pos pantau berserta pesonil yang disiagakan selama 24 jam.

Untuk diketahui Pos Pantau ada di Goa Gong, Watukarung, Klayar, JLS, Telengria dan Pasar Arjowinangun. Sedangkan Pos Pam berada di Terminal, Punung, Tegalombo didepan Masjid, Pos Pam Soge.

“Untuk melancarkan tugas pengamanan mudik balik lebaran itu ada sekitar 355 petugas yang kita siagakan dalam menjaga pos pam, posyan dan pos pantau merupakan tim gabungan TNI-Polri serta dari Pemkab Pacitan. Kita siagakan 5 Ambulance dan 1 alat berat.”tutupnya

Reporter/Penulis: Asri

Blog, Updated at: 08.04
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03