Triwulan I 2023 Sudah Dipenghujung, Ketua Komisi IV DPRD Prihatin Sejumlah Proyek Fisik Belum Dimulai

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Selasa, Maret 28, 2023

GrinduluFM Pacitan -Pujo Setyo Hadi Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan menyoroti proyek pembangunan fisik berbasis tender tahun anggaran 2023 baik itu proyek kecil maupun besar yang belum dimulai pengerjaan. Alih alih sudah dimulai tahapan pekerjaan, proses tender paket kegiatan barang dan jasa juga ada yang belum dilakukan pelelangan. Padahal masa penggunaan dan realisasi belanja daerah telah memasuki penghujung triwulan pertama.

Melihat kondisi tersebut, Ketua Komisi IV Pujo Setyo Hadi mengklaim sudah lakukan koordinasi dengan Dinas PU dan Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) saat Rapat Dengar Pendapat ( RDP) di Gedung DPRD.

“Kami sudah koordinasi dengan PU untuk terus mendorong agar segera dilakukan pelaksanaan yang matang mulai dari pelelangannya. Tapi infonya sudah ada yang tayang ini, sedang yang lain sudah harus menyesuaikan.”katanya

Adanya beberapa pekerjaan kecil maupun besar yang masih belum dilelang ataupun selesai dilelang berakibat belum dimulainya proyek lanjut Pujo tentu menjadi pekerjaan berat buat pemerintah dalam hal ini Unit Layanan Pengadaan (ULP) bertanggung jawab menangani lelang sejumlah proyek pembangunan yang berpengaruh tidak sesuai harapan bisa memenuhi kualitas dengan pembangunan yang sudah ditentukan.

“Saya khawatir kalau sampai sekarang saja belum dilelang, akan berdampak tidak maksimalnya serapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah(APBD).”lanjutnya

Belum dimulainya beberapa proyek pembangunan tersebut menjadi keprihatinan Komisi IV DPRD.

Pujo menambahkan, pihaknya sudah mengingatkan ULP untuk mempersiapkan proses pelelangan bagi yang akan proses. Jika melihat itung itungan waktu Pujo yakin masih nuntut.

“Kalau itung itungan waktu ini masih nuntut, meski puasa dan lebaran ada liburnya. Kalau ada sebagian sudah siap terus saja dikirimkan ke Unit Pelelangan dan Pelayanan Jasa secara bergilir sudah kami perintahkan termasuk Permukimtan, PU pokoknya segera kalau sudah fix dikirimkan ke Unit Pelelangan, mekaten nggih.”imbuhnya

Jika melihat proses pelaksanaan tender hingga penetapan pemenang paket pelelangan itu memakan waktu satu bulan lebih, sebaiknya bagi yang sudah siap segera saja dikirimkan ke Unit Pelelangan.

“Biasanya kalau pengerjaan terburu buru bisa berpengaruh pada kualitas pekerjaan karena pengerjaannya terburu buru dikejar waktu.

Diharapkan pengerjaan proyek pembangunan benar benar selesai tepat waktu agar bisa segera dirasakan manfaatnya bagi masyarakat secara kualitas juga bisa di andalkan.”pungkasnya

Reporter/Penulis: Asri

Blog, Updated at: 14.55
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03