Musrenbang 2023, Bupati Aji Mengklaim 87,3% Masyarakat Puas Terhadap Layanan Infrastruktur Yang Disediakan Pemerintah

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Selasa, Maret 28, 2023

GrinduluFM Pacitan -Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji saat menyampaikan sambutannya pada Musrenbang 2023 di Pendopo Kabupaten, Selasa (28/3/2023) mengklaim 87,3 persen masyarakat puas terhadap layanan infrastruktur yang disediakan pemerintah.

“Masyarakat puas terhadap layanan infrastruktur yang disediakan pemerintah hal ini dapat ‘dititeni’ atau dilihat. Dari target tahun 2022 sebesar 87,3 persen artinya masyarakat memiliki persepsi yang baik terhadap layanan infrastruktur yang disediakan pemerintah. Meskipun terdapat beberapa titik yang harus tetep dilakukan perbaikan dan penanganan berkala.”katanya

Selain itu Bupati Aji juga menyampaikan sub sektor yang mengalami pertumbuhan tertinggi dalam perekonomian pacitan pada penyediaan akomodasi dan makan minum, yang tumbuh sebesar 15,64. Untuk itu Bupati Aji menegaskan jika sector pariwisata merupakan lokomotipnya perekonomian di Kabupaten Pacitan.

“Saya memaknai data tersebut sebagai capaian atas kerja keras kita bersama untuk terus mengembangkan sector pariwisata melalui penyelenggaraan event, penyiapan fasilitas pada destinasi serta penyiapan sub system pendukungnya seperti akomodasi, transportasi, makan minum.”imbuhnya

Tumbuhnya ekonomi masyarakat pada tahun 2022 ekonomi pacitan tumbuh sebesar 5,54 lebih tinggi dari rata rata pertumbuhan ekonomi Jawa Timur.

Bupati Aji juga menyinggung jika kemiskinan di pacitan turun. Namun demikian Bupati Aji akan lebih fokus pada upaya percepatan penurunan kemiskinan serta penanganan kemiskinan eksterm.

“Sehingga penting bagi kita semua untuk lebih focus pada upaya percepatan penurunan kemiskinan serta penanganan kemiskinan eksterm.”tegasnya

Sementara dalam kesempatan yang sama, Kepala Bakorwil Madiun Heru Wahono yang hadir dalam musrenbang Kabupaten Pacitan mewakili Bappeda Provinsi Jawa Timur menegaskan target kemiskinan untuk pacitan tahun 2024 sebesar 13,16 sampai 11,7 persen. Sedangkan IPM sebesar 69,21-7,68 persen.

Bupati AJi juga menyinggung kemiskinan di Pacitan yang turun berdasar realese BPS. Angka kiemsikinan di pacitan berada di posisi 14,54 persen pada tahun 2020 naik menjadi 15,11 ditahun 2021 dan turun cukup signifikan menjadi 13,80 pada tahun 2022.

“Angka tersebut masih diatas rata rata Provinsi Jatim.“pungkasnya

Reporter/Penulis: Asri

Blog, Updated at: 15.51
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03