DPRD Sambat Kemampuan Keuangan Daerah Minim, Bakorwil Diminta Berikan Perhatian Lebih Pada Nasib Kabupaten Pacitan

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Selasa, Maret 28, 2023

GrinduluFM Pacitan -Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) yang terus dilaksanakan saat ini sebagai wadah masyarakat dalam menyampaikan aspirasi kritik dan saran dari program Pemerintah Daerah.

Musrenbang Kabupaten Pacitan dilaksanakan di Pendopo Kabupaten, Selasa (28/3/2023) dihadiri Bakorwil Madiun mewakili Bapeda Provinsi. Selain itu juga dihadiri Kepala Bappeda tetangga diantaranya, Magetan, Madiun dan Trenggalek.

Pujo menyampaikan kemampuan keuangan pacitan hanya 1,7 Trilyun. Khusus belanja pegawai kurang lebih 750 Miliar, sisanya untuk pembangunan.

Musrenbang diawali dari Desa Kecamatan hingga Kabupaten sama isinya skala perioritas tapi uangnya tidak ada.

Maka dari itu kehadiran Bakorwil Madiun diminta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan yang diwakili Pujo Setyo Hadi untuk ikut lebih perhatian dan memperjuangkan Kabupaten Pacitan.

Pujo Setyo Hadi mewakili Ketua DPRD pada saat menyampaikan pokok pokok pikiran, justru tidak menyampaikan pokok pokok pikiran secara detail. Pujo lebih menekankan Bakorwil bergerak hatinya ikut memperjuangkan agar Pemerintah Provinsi memberikan perhatian lebih lagi pada nasib Pacitan yang selama ini hanya bisa bergantung pada Pemerintah Provinsi dan Pusat. Permohonan agar membantu justru lebih banyak di ulang ulang pujo kepada bakorwil madiun yang mewakili Bappeda Provinsi Jawa Timur dalam acara Musrenbang 2023.

“Saya mengingatkan kepada Bapak Bakorwil yang hadir disini mewakili Bappeda Provinsi, mohon kami di Pacitan ini di ‘gatekno’ diperhatikan karena kemampuan keuangan kami yang e…hanya kemampuannya hanya 1,7 Triliun dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) nya 154 Miliar. Kami tidak menampik kalau kami tetep bergantung kepada Pemerintah Pusat dan Provinsi.”katanya

Pujo menambahkan, dengan kondisi kemampuan keuangan daerah yang minim tersebut tidak dipungkiri pula jika beberapa skala perioritas jadi terhambat pelaksanaannya.

“Kami tidak selak gara gara kemampuan anggaran daerah kecil beberapa skala perioritas masih terhambat, contoh jembatan gegeran sampai saat ini hanya pancangnya saja yang dibangun.Begitu juga pelebaran jalan lingkar Arjosari- Purwantoro yang menjadi tanggung jawab Provinsi belum smaa sekali tersentuh puluhan tahun hingga sekarang. Kami terus berjuang dalam kesempatan hadirnya bakorwil ke pacitan ini nyuwun tulung dibantu kami untuk diperjuangkan. Kami tetap bersyukur dengan tapi akan lebih bahagianya kami lagi jika nasib kami dibantu diperjuangkan.”imbuhnya

Pujo Setyo Hadi berkali kali menyakinkan Bakorwil Madiun jika ada perhatian lebih dari pemerintah pusat dan provinsi, capaian progres pemerintah daerah seperti kemiskinan turun, stunting berkurang, pembangunan ekonomi merangkak semua akan tercapai sesuai target.

“Panjenengan perjuangkan pak bakorwil nggih, mewakili pacitan kersane Pacitan lebih baik nasibnya.”lanjutnya

Reporter/Penulis: Asri

Blog, Updated at: 13.54
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03