Jumlah Kursi DPRD Pacitan Tidak Berubah 45 Kursi, 6 Dapil Pada Pemilu 2024

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Selasa, Maret 21, 2023

GrinduluFM Pacitan -Komisi Pemilihan Umum KPU menyampaikan Penetapan Daerah Pemilihan (DAPIL) dan alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten untuk pemilu 2024 mendatang.

Penetapan daerah pemilihan dan alokasi kursi dewan perwakilan rakyat daerah tersebut disampaikan Agus Susanto Komisioner KPU Pacitan Divisi Teknis Penyelenggara dalam acara sosialisasi.

Dalam pertemuan hari ini KPU Pacitan mengundang Agus Haryanto anggota Bawaslu sebagai pembicara. Adapun sasaran sosialisasi sejumlah awak media dan camat dari 12 Kecamatan.

Agus Susanto Komisioner KPU Pacitan menyampaikan jumlah alokasi kursi di dewan legislatif pada pemilu 2024 mendatang tetap ada 45 yang terdapat di 6 daerah pemilihan (dapil).

Dapil di pacitan untuk pemilu 2024 masih memakai dapil pemilu 2019. Namun ada perubahan alokasi kursi pada pemilu 2024 mendatang pada dapil 5 dan dapil 6.

“Dapil 5 dari 7 kursi menjadi 6 kursi, berkurang dan dapil 6 dari 9 kursi menjadi 10 kursi bertambah 1. Hal ini disebabkan karena perkembangan penduduk di dapil 7.”kata Agus Susanto saat dikonfirmasi usai acara sosialisasi, Selasa (21/3/2023)

Penetapan alokasi kursi dan dapil ini dihasilkan dari sejumlah tahap tahapn cukup panjang yang telah dilewati. Surat keputusan alokasi dapil juga disampaikan langsung kepada awak media dan camat.

“Penetapan jumlah kursi anggota legislatif sesuai peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2023 tertanggal 6 Februari 2023. Ini dari 2 rancangan yang kita usulkan, ternyata rancangan 1 yang disetujui oleh KPU RI yaitu dapil existing dapil lama yaitu 2019.”jelasnya

Untuk diketahui, Daerah pemilihan dan jumlah kursi anggota dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten pacitan seperti ini gambarannya, Dapil 1 Pringkuku Pacitan jumlah kursi 9. Pacitan 2 Donorojo Punung jumlah kusi 6. Pacitan 3 Nawnagan Bandar jumlah kursi 7. Pacitan 4 Arjosari Tegalombo jumlah kursi 7. Pacitan 5 Ngadirojo Sudimoro jumlah kursi 6 . Pacitan 6 Kebonagung Tulakan jumlah kursi 10.

Di tambahkan Agus Susanto, penetapan jumlah alokasi kursi legislatif sesuai dengan jumlah penduduk Kabupaten Pacitan. Dengan adanya penetapan dapil dan alokasi kursi tersebut, Agus berharap para peserta pemilu menyiapkan untuk bakal calon partai untuk ikut kompetisi dalam pemilu.

“Bulan depan ini nanti tahapan proses pencalonan sudah kami buka. Diminggu ketiga April.”pungkasnya

Reporter/Penulis: Asri

Blog, Updated at: 14.57
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03