Tiga Tahun Terakhir Kunjungan Wisatawan Mancanegara Stagnan

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Senin, Februari 06, 2023

GrinduluFM Pacitan -Turmudi Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan mengatakan kedatangan wisatawan mancanegara ke Pacitan sudah tiga tahun terakhir ini tidak menunjukan adanya peningkatan signifikan alias stagnan.Beda jauh dari yang tampak pada tahun tahun sebelumnya.

“Wisman? Stagnan. Cuma wisatawan daerah yang datang. Wisman stagnan ya segitu gitu aja. Belum ada kabar menggembirakan dari kunjungan wismannya”katanya

Menyoal wisatawan mancanegara semakin sepi datang ke pacitan memang belum diketahui sebabnya oleh Turmudi. Namun dirinya memperkirakan banyak sebab terutama karena kondisi perekonomian di Negaranya yang belum pulih pasca Pandemi Covid-19 atau mungkin juga karena cuaca. Namun kalau melihat cuaca di Pacitan relatip aman aman saja.

Meski jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Pacitan disebut masih stagnan, Dinas Pariwisata mencoba untuk merancang kembali dengan melakukan pemolesan destinasi khusus wisman.

Beda dengan kondisi kunjungan wisman yang stagnan, justru untuk kunjungan wisata local menunjukan peningkatan lebih baik selama dua tahun terakhir ini.

Menurutnya, kunjungan wisata dalam negeri terlampui dari target.

“Kita kunjungan wisata dalam negeri terlampui dari target yang ditentukan.”ujarnya

Untuk diketahui, kunjungan wisata ke Pacitan pada tahun 2022 terlampui dari target 1 juta pengunjung.

Sedangkan pada tahun 2023 ini target kunjungan wisata ke Pacitan diangka 1.200.000 pengunjung.

Agar target Pendapatan Asli Daerah (PAD) tercapai dan lebih banyak pemasukan, pemkab selalu memperbaiki diri kawasan wisata andalan.

“Saya sangat berharap jangan sampai sektor wisata kita ini mungkret sebab semakin tahun perekonomian masyarakat semakin variatif. Kita tidak hanya mengandalkan retribusi saja akan tetapi pajak daerah harus kita gali untuk berikan masukan PAD.”pungkasnya

Reporter/Penulis:Asri

Blog, Updated at: 09.53
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03