ETLE Sudah Terpasang di 6 Titik,, Pelanggaran Lalu Lintas Malah Meningkat

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Selasa, Februari 07, 2023

GrinduluFM Pacitan -Dikatakan Kapolres Pacitan AKBP Wildan Alberd saat ini di wilayah hukum polres pacitan sudah terpasang Electronic Traffic Law Enforcement atau ETLE . Untuk sementara ini baru ada 6 titik kawasan tertib berlalulintas yang dipasang ETLE. Meskipun sudah terpasang namun belum efektip pemberlakuannya. Tidak heran pula jika pelanggaran berlalu lintas di Pacitan masih tinggi. Hal itu di sampaikan Kapolres Pacitan AKBP WIldan Alberd, Selasa (7/2/2023) usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Semeru 2023 di halaman Mapolres Pacitan.

“Untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas, salah satu upaya kita sudah pasang ETLE. Sekarang baru ada 6 titik. Nanti nunggu petunjuk dari Polda, apakah ada penambahan lagi masih menunggu kita.”katanya

Sebenarnya pemasangan ETLE tersebut salah satu cara untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, tapi meski ETLE sudah dipasang masih saja ada pengguna jalur lalu lintas yang terekam ETLE melakukan pelanggaran. Setidaknya, rilis akhir tahun 2022 mengungkapkan ada peningkatan pelanggaran rata rata diangka 18% dengan total kejadian kecelakaan 322. Sedangkan di tahun 2021 hanya ada 264 kejadian kecelakaan lalu lintas.

Kapolres Pacitan Wildan Alberd meminta jajaran kepolisian terutama satuan lalulintas untuk lebih rajin memberikan edukasi himbauan kepada warga masyarakat agar lebih tertib dalam berkendara.

“Dalam operasi keselamatan semeru 2023 ini, saya minta petugas polisi lebih rajin edukasi himbauan ke warga masyarakat agar tertib berlalulintas.”pintanya

Sementara AKP Siswoyo Kasat Lantas Polres Pacitan menjelaskan, untuk saat ini dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas berbagai upaya dilakukan. Baik itu himbauan maupun pemasangan rambu rambu. Namun demikian diharapkan agar warga patuh terhadap rambu rambu lalu lintas.

Dalam operasi keselamatan semeru 2023 lebih ditekankan pada tindakan humanis daripada tindakan penegakan.Yakni 40% preentif, 40% persuasif dan penegakan hukum dengan cara ETLE sebanyak 20 persen,juga diberlakukan teguran simpati.

Dalam operasi keselamatan semeru 2023 kepolisian Pacitan juga akan mengatur parkir kendaraan yang sering berserakan di bahu jalan. Pasar tumpah yang masih sering mengakibatkan kemacetan ikut menjadi perioritas dalam operasi keselamatan semeru 2023.

“Kita urai kemacetan pasar tumpah, parkir dibahu jalan tidak lagi berserakan, itu yang kita fokuskan.”ujarnya

Untuk diketahui, Kapolres Pacitan Wildan Alberd memimpin apel pasukan operasi keselamatan semeru 2023 dihalaman Mapolres, Selasa (7/2/2023). Polres Pacitan menggelar operasi keselamatan semeru 2023 dalam meningkatkan budaya tertib ber lalu lintas. Operasi keselamatan semeru 2023 dilaksanakan sejak 7 sampai 20 Februari 2023. Pelaksanaan operasi keselamatan semeru ini melibatkan petugas gabungan dari Pemkab Pacitan.

Dalam apel gelar pasukan operasi keselamatan semeru juga dilakukan pengecekan kelaikan kendaraan yang akan digunakan.

“Dalam operasi itu kita kedepankan aspek preventip, edukatif dan persuasif.”pungkasnya

Reporter/Penulis: Asri

Blog, Updated at: 12.47
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03