Harga Awet Mahal, Operasi Pasar Murah Beras Diserbu Warga di Pacitan

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Selasa, Februari 14, 2023

GrinduluFM Pacitan -Untuk antisipasi harga beras yang tetap awet mahalnya sejak sebulan terakhir, Pemkab Pacitan dalam hal ini Dinas perdagangan gencar melakukan operasi pasar murah.

“Operasi pasar murah beras ini dalam rangka penurunan inflasi, ya ini upaya pengendalian harga agar tidak terjadi inflasi tinggi.”katanya

Baskoro Catur Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Pacitan mengatakan, untuk pasar murah di Minulyo disediakan 4 ton, adapun pasar murah di Gemaharjo dijatah 1,5 ton. Sedangkan dalam pasar murah tersebut beras medium dijual dibawah harga HET. Per 5 kg dibandrol harga Rp.43,000;.

Dari pantauan GrinduluFM, tampak antrean panjang operasi pasar murah beras di Pasar Minulyo, Selasa (14/2/2023). Bahkan ada warga yang kecewa terpaksa balik pulang dengan tangan kosong karena tidak kebagian jatah.

“ Nanti sebagai evaluasi kita, bisa kita ulang lagi operasi pasar murah dengan jumlah lebih banyak.”ungkapnya

Ditambahkan Baskoro, untuk operasi pasar murah beras kali ini Pemkab Pacitan kerjasama dengan Bulog Cabang Ponorogo. Di klaim Baskoro, untuk beras jenis medium di Pacitan sudah bisa dikendalikan harganya. Begitupun stok beras Bulog dijamin aman hingga lebaran April mendatang. Namun untuk beras Premium masih sulit dikendalikan di pasaran. Alasannya, beras premium langsung dari pedagang sendiri.

“Untuk yang premium itukan nggak kita, langsung dari pedagang. Tapi untuk beras bulog bisa kita kendalikan di bawah HET.”imbuhnya

Terpantau harga beras di Pasaran sejak sepekan mulai ada kenaikan. Meskipun harga beras naik akan tetapi stok beras di pasaran masih terlihat aman.

“Program beras murah ini sebagai langkah daerah membantu warga yang resah adanya kenaikan harga.”pungkasnya

Reporter/Penulis: Asri

Blog, Updated at: 13.52
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03