Ratusan ASN Masuk Masa Pensiun, Tahun 2023 Pemkab Pacitan Rekrut CPNS dan P3K

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Kamis, Januari 19, 2023

GrinduluFM Pacitan -Dari data Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pacitan menyebutkan tahun 2023 ada sekitar 400 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Pacitan masuk masa pensiun. Adapun ASN pensiun pada tahun 2022 lalu jumlahnya sebanyak 430 orang.

Dikatakan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pacitan Yunus Hariadi, dari jumlah ASN yang pensiun tersebut 70 persen merupakan tenaga pendidik, sedangkan sisanya tenaga medis dan teknis.

“Yang pensiun empat ratusan lah. Kalau tahun 2022 kemaren kan 430an. Dan ini sekitar 400an. Pensiun itu sudah regulasi aturan.”katanya

Kabar gembira bagi warga Pacitan yang mendamba jadi abdi Negara, Tahun 2023 ini Pemkab Pacitan akan menerima perekrutan CPNS. Tidak hanya CPNS, untuk tenaga P3K juga akan dibuka lagi perekrutan. Namun berapa jumlahnya masih dilakukan kajian dan menunggu petunjuk dari Pusat.

“InsyaAllah tahun ini informasi dari BKN ada pengangkatan CPNS. Cuma kita masih nunggu petunjuknya dari Pusat.”tegasnya Meski ada perekrutan CPNS namun jumlah ASN pensiun setiap tahunnya terus ada saja sehingga antara penerimaan dan yang keluar tidak ideal.

Meskipun banyak ASN yang pensiun namun hal itu diklaim Kepala BKD Pacitan tidak mengganggu roda pemerintahan.

Dalam kesempatan penyerahan SK pensiun, Kamis (19/1/2023) Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji ikut membenarkan, kondisi ASN dilingkup Pemkab Pacitan yang pensiun capai ratusan setiap tahunnya. Akan tetapi hal itu sudah menjadi hal biasa atau rutinitas. Sehingga tidak sampai mengganggu jalannya roda pemerintahan.

Dalam penyerahan SK pensiun, Bupati Aji mengucapkan terimakasih sudah menjadi pelayan masyarakat melalui abdi Negara.

“InsyaAllah sebenarnya pensiun itu sebuah rutinitas, waktunya kan tidak sama masing masing ASN saat pensiun dan itu semua saling keterkaitan dengan regulasi aturan dari Pusat. Harapan kami saat banyak yang keluar ada yang mengisi.”ujar Indarata usai Penyerahan SK Pensiun di kantor Diklat, Kamis (19/1/2023).

Terkait adanya perekrutan CPNS dan P3K, Bupati mengatakan masih menunggu kajian dulu dan juga melihat kekuatan kemampuan anggaran daerah.

“Termasuk berapa jumlah tenaga yang dibutuhkan dan seperti apa kemampuan anggaran daerah nanti masih kita kaji.”ucap Bupati Aji

Editor: Asri

Blog, Updated at: 14.33
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03