Kecukupan Rasio Guru dan Peserta Didik Jenjang SD dan SMP Masih Timpang?

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Kamis, Januari 12, 2023

GrinduluFM Pacitan -Fakta yang disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan Budiyanto terkait jumlah guru dan peserta didik di Pacitan itu masih dibawah 20. Padahal jumlah lembaga sekolah juga bertambah. Kondisi itu berdampak ada lembaga sekolah yang masih kekurangan guru. Idealnya dalam 1 lembaga itu harus ada 6 guru. Akan tetapi fakta di Pacitan 1 guru merangkap lebih dari 20 murid.

“Kita pemetaan lagi untuk guru sehingga kecukupan rasio guru dan peserta didik masih dibawah 20 atau 1 banding 20. Kondisi ini timpang dan masih jauh dari ideal.”kata Budiyanto usai mutasi 52 ASN dilingkup Pendidikan, Selasa(10/1/2023)

Dijelaskan Budiyanto, permasalahan klasik pendidikan di daerah terpencil seperti pacitan memang masih pada kualitas pendidikan. Guru, sebagai salah satu senjata penting pendorong kualitas pendidikan juga masih kekurangan.

Sejatinya rasio jumlah guru dengan murid juga masih belum ideal. Jumlah guru pada jenjang pendidikan dasar dan penddikan menengah berkurang dalam setiap tahunnya karena pensiun. Disisi lain lembaga sekolah banyak, tentu hal itu berdampak terhadap semakin lebarnya ketimpangan jumlah guru dan murid.

Jumlah sekolah, murid, guru dan rasio murid-guru sekolah dasar (SD) tahun 2018 versi BPS, jumlah sekolah 417 jumlah murid 43881, jumlah guru 4291, rasio guru dan murid 10.23

Pemetaan guru dianggap Budiyanto bisa menjadi salah satu jurus jitu untuk solusi permasalahan mutu kualitas pendidikan.

“Jika pemerintah serius dan profesional mengelola guru termasuk melakukan mutasi tanpa kompromi mau ditempatkan dimana saja maka akan terwujud pemerataan kualitas maupun kuantitas.

Menurut Budiyanto yang sangat vital di dunia pendidikan pacitan itu kepala sekolah. Momen terbaik dengan dilantiknya sejumlah kepala sekolah awal tahun 2023 ini bisa mendukung kesuksesan kurikulum merdeka belajar.

“Sekolah yang masih kosong kepala sekolah ada. Akan ada sisa kosong 129 yang dilantik baru 115 sisanya menyusul masih dalam persoalan administrasi. Sedangkan 2023 akan ada tambahan 352 P3K.”pungkasnya

Editor: Asri

Blog, Updated at: 13.11
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03