Kabar Baik Tak Ada Lagi Batasan Usia, Daftar Tunggu Haji 2023 di Pacitan Sekitar 6100 Mayoritas Usia 65 Tahun ke Atas

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Rabu, Januari 11, 2023

GrinduluFM Pacitan -Adanya kebijakan baru Pemerintah Kerajaan Arab Saudi tidak ada lagi pembatasan usia untuk jamaah haji tentu menjadi sebuah kabar baik bagi jamaah haji yang sekarang sudah berusia 65 tahun ke atas.

Saat ini Kemenag Pacitan masih menunggu pembagian jatah kuota dari Provinsi Jawa Timur. Kira kira berapa jatah jumlah haji untuk Kabupaten Pacitan pada tahun 2023.

“Kemenag Pacitan belum bisa memastikan berapa jatah kuota haji di Pacitan 2023 kali ini. Pasalnya yang membagi kuota itu kewenangan Provinsi. Kita patuhi saja ketentuan sesuai aturan.”kata Agus HP

Menurut Agus Hadi Prabowo Kasi Haji dan Umroh Kemenag Pacitan, daftar tunggu haji 2023 di Pacitan tercatat sekitar 6100 orang. Dari jumlah tersebut semuanya sedang menunggu pemberangkatan. Lebih dari 50 persen jemaah haji sudah berusia 65 tahun ke atas.

“Yang tidak jadi berangkat tahun 2020 memang mayoritas lebih dari 50 persen itu terkendala usia tidak jadi berangkat. Tapi itu nanti akan ada semacam daftar lagi siapa yang berhak berangkat. Bagaimana, apakah ada tambahan atau bagaimana kita belum tahu. Yang jelas tambah usia yang 65 tahun itu karena estimasi berangkat tahun 2020-2021 kemudian sebagaian 2022 kan juga sudah menginjak usia 65 tahun banyak juga. Kita belum tahu jumlahnya berapa gitu.”kata Agus HP.

Ditambahkan Agus HP, Dari jumlah daftar tunggu hingga 2023 mencapai 6100 itu belum tentu berangkat Juni 2023. Berdasarkan keputusan kuota akan diumumkan dalam waktu dekat. Kemenag Pacitan masih proses menunggu sambil gencar sosialisasi kesepakatan baru yang diputuskan pemerintah.

Daftar tunggu haji memasuki awal 2023 klaim Agus semakin bertambah panjang. Setiap hari ada yang daftar haji.

Sembari menunggu pembagian kuota dari Provinsi, sekarang Kemenag Pacitan membuka pendaftaran petugas haji 2023.

“Kemenag Pacitan sekarang rekrutmen petugas penyelenggara ibadah haji. Namun itu lebih di khususkan internal ASN Kemenag, Ormas Islam dan Kelompok Bimbingan haji. Rekrutmen kita buka tanggal 6 hingga 13 Januari 2023.”ungkap Agus HP

Kalau daftar tunggu menggunakan dasar kuota 2022 itu sekitar 69 tahun. Tapi nanti kalau sudah menggunakan kuota baru ini yang kemaren diterima oleh Menteri Agama, itu nanti masa tunggunya sekitar 34-35 tahun.

Daftar tunggu haji 2023 tersebut dimulai daftar sejak tahun 2011 dan ada juga tahun sebelumnya yang belum berangkat menunda keberangkatan karena menunggu keluarga.

“Sebagaimana rekomendasi Kementerian Agama Pusat, lebih awal kita siapkan segala sesuatunya terkait bagaimana membimbing, membina, melayani jamaah haji yang rata rata usianya sudah lanjut. Untuk bapak ibu yang mendaftar masih dalam masa tunggu katakanlah estimasi berangkat maish jauh tetep istiqomah, tetep bersabar bagaimanapun ibadah haji adalah ibadah wajib sebagaimana rukun islam wajib bagi yang mampu. Sebagaimana ketentuan yang sudah mendaftar karena niatnya disebut jamaah haji. Untuk kapan berangkat itu Allahualambisowab, kitapun hanya menunggu kepastian dari Allah SWT.”pungkasnya

Editor: Asri

Blog, Updated at: 08.40
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03