Frekuensi Gempa Meningkat, Masyarakat Pacitan Dihimbau Tetap Tingkatkan Kewaspadaan

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Sabtu, Desember 10, 2022

GrinduluFM Pacitan -Fenomena gempa beruntun beberapa minggu terakhir yang terjadi di Indonesia membuat warga masyarakat di Pacitan menjadi khawatir. Apakah gempa beruntun ini saling berkaitan dengan gempa di Pacitan.

Seperti di ketahui, Kamis (8/12/22) setelah gempa mengguncang Sukabumi ternyata di Pacitan juga terjadi gempa 4,7 Magnitudo. Lokasi gempa bumi berada di 8.99 Lintas Selatan, 110 73 Bujur Timur tepat 99 KM Barat Daya Pacitan. Kedalamannya 10 KM. Getaran gempa Kamis ini banyak dirasakan warga. Meski sebenarnya di Pacitan kerap terjadi gempa skala kecil kecil dan lebih banyak tidak dirasakan warga.

Data Badan Penanggulangan Bencana Dearah (BPDB) Pacitan melaporkan jika frekuensi gempa di wilayah Pacitan mengalami peningkatan. Bahkan getaran bisa dirasakan warga. Kaitan dengan gempa itu Kepala BPBD Pacitan Erwin Andriatmoko hanya bisa menghimbau kepada masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan.

“Kaitan dengan gempa data gempa kami frekuensi gempa meningkat. Bahkan getaran bisa dirasakan masyarakat. Saya hanya bisa menghimbau kepada masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan sekiranya ada gempa dengan kekuatan tertentu segera mencari tampat aman untuk berlindung.”himbaunya

 Zona gempa di Selatan pulau jawa khususnya selatan Pacitan cukup aktif, hal ini bisa dilihat dari seringnya wilayah pacitan terjadi gempa bumi akhir akhir ini. berdasarkan catatan BPBD Kabupaten Pacitan mulai dari awal bulan Nopember hingga 24 Nopember 2022 telah terjadi gempa bumi dengan intensitas 1-4 SR sebanyak 76 kali untuk wilayah Kabupaten Pacitan. Hasil monitoring BMKG terhadap aktivitas kegempaan akhir akhir ini menunjukan bahwa di wilayah selatan Pacitan terdapat kluster aktivitas gempa yang lebih aktif di banding wilayah sekitarnya. artinya di wilayah pacitan memang terjadi peningkatan aktivitas kegempaan pad azona subduksi lempeng Indo- Australia.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan Pacitan termasuk wilayah rawan gempa tektonik di Jawa Timur. Pasalnya, Pacitan berhadapan dengan zona megathrust selatan jawa dan terletak di jalur sesar Grindulu. Suka tidak suka, di wilayah selatan Pacitan terdapat kluster aktivitas gempa yang lebih aktif daripada wilayah diskeitarnya. Tidak heran jika di wilayah Pacitan terjadi peningkatan aktivitas kegempaan.

“Peningkatan aktivitas kegempaan yang terjadi di wilayah Pacitan itu menjadi sesuatu yang patut diwaspadai.”pungkasnya

Editor: Asri

Blog, Updated at: 15.15
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03