Biar Tidak Terjadi Kecurangan di SPBU, Dinas Perdagangan Pacitan Tera Ulang Pompa Ukur BBM

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Kamis, Oktober 13, 2022

GrinduluFM Pacitan -Bertujuan demi melindungi hak konsumen untuk mendapatkan volume Bahan Bakar Minyak BBM sesuai dengan yang mereka bayar. Dinas Perdagangan Pacitan melakukan tera ulang di 2 SPBU yang berada di area Kota yakni SPBU Ploso dan SPBU Nanggungan. Kamis(13/10/22)

Baskoro Catur Raharjo Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Pacitan mengatakan, kegiatan itu harus dilakukan agar tidak terjadi kecurangan.

“Untuk SPBU harus kita lakukan tera ulang, apakah benar dalam melayani itu literannya itu sesuai dengan itu standartnya ya. Dan kita melihat kebenaran ukuran yang dismapaikan ke konsumen itu sesuai.”katanya

Di tambahkan Baskoro Catur, dari hasil tera ulang kedua SPBU di wilayah kota tersebut tidak ditemukan adanya kecurangan.

“Hasilnya dari tera ulang tadi, hasilnya cukup bagus ya sesuai dengan ukuran standart. Kalau ditemukan tidak sesuai, petugas tera ulang akan mengembalikan ukuran pada ukuran sebenarnya agar konsumen tidak dirugikan.”imbuhnya

Lanjut Baskoro setelah dilakukan tera ulang pompa akan ditempel segel sehingga tidak bisa lagi di naik turunkan. “Nanti kita pantau lagi, kalau rusak segelnya bisa dikenakan pidana nantinya.”lanjutnya

Menurut Baskoro, pengujian di SPBU tersebut, petugas Metrologi Legal menyediakan bejana ukur dan mengisinya dengan BBM 20 liter. Kemudian setelah itu, dicocokan apakah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Dari hasil pemeriksaan sementara hasilnya cukup bagus dan memuaskan sebab berfungsi normal dan perhitungannya juga akurat.

Jika saat ini terjadi antrean saat membeli memang masih adanya adaptasi dengan alat baru bagi petugas. Sehingga konsumen harus bisa lebih bersabar. Terkait tera ulang SPBU tidak hanya dilakukan untuk dua lokasi saja akan tetapi semua SPBU di Pacitan akan dilakukan tera ulang.

“Kita beri cap tera sah sesuai tahun berjalan terhadap SPBU yang sudah kita datangi.”ungkapnya

Tera ulang tidak hanya diberlakukan untuk SPBU saja, akan tetapi untuk timbangan para pedagang juga akan menyusul untuk dilakukan tera ulang. Saat ini Dinas Perdagangan masih menyusun jadwal pelaksanaan.

Sementara untuk konsumen yang menemukan kecurangan di SPBU diminta untuk menghubungi Dinas Perdagangan.

Disinggung terkait ketersediaan BBM di sejumlah SPBU Pacitan kata Baskoro tidak ada masalah.

“Kalau stok BBM aman sampai hari ini.”pungkas Baskoro

Editor: Asri

Blog, Updated at: 14.27
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03