Pindah Tugas Kapolres Pacitan AKBP Wiwit: Pacitan Itu Penuh Kenangan dan Pacitan Itu Paling Minim Kriminalitas

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Jumat, Juli 01, 2022

GrinduluFM Pacitan - Sebelum mengakhiri jabatan sebagai Kepala Kepolisian Pacitan dan sebentar lagi akan melaksanakan tugas ditempat baru, AKBP Wiwit Ari Wibisono S.H., S.I.K., M.H silaturahmi dengan sejumlah awak media sekaligus pamitan Kamis(30/6/22)

Apa kesan Bapak tentang Pacitan selama menjabat hampir 2 tahun?

Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono mengatakan selama menjabat di pacitan itu penuh kenangan, alamnya bagus, masyarakatnya apik (baik) mengerti dan mudah diatur.

“Memang adat dan budi pekertinya baik sehingga segala sesuatu nya, 90 sekian persen baik semualah, itu kesan saya tentang pacitan.”katanya

Bagaimana menurut Bapak kondisi Kamtibmas Pacitan selama menjabat?

Pacitan itu sangat minim untuk kejadian kriminalitas dibanding kabupaten lain.

“Kalau kita sering rapat anev di Polda, ya pacitan yang paling minim kejadian, paling minim kriminalitas dan adem ayem guyub, itulah yang membuat saya terkesan disini. Jadi saya disini lebih banyak lebih sering bergaul dengan masyarakat dan tak segan bergabung dengan masyarakat karena memang masyarakat di sini konturnya sangat bersahabat, baik dan sopan.Itu saja.”ungkapnya

Dengan kondisi yang memang menurutnya pacitan berada di zona aman berkeinginan tak ingin dipindah dari pacitan. Namun sebagai abdi Negara tentu harus merasakan juga bagaimana mampu memimpin daerah yang berada di zona tantangan.

Untuk anggota Polres Pacitan, pesan apa yang ingin Bapak sampaikan?

“Untuk anggota polres pacitan saya harapkan tetap baiklah dengan masyarakat, tingkatkan hubungan yang baik pada masyarakat jangan sakiti masyarakat, tinggalkan pola pola tugas lama, sekarang saatnya dan sudah berjalan untuk kita bersama dengan masyarakat bekerja bersama sama dengan masyarakat untuk menjaga kamtibmas agar pacitan tetap adem ayem tentrem.”harapnya

Kapolres yang dikenal sangat dekat dengan wartawan, selalu menjawab saat ditanya dan tidak pernah membedakan derajat pangkat selama menjabat di pacitan ini akan bertugas sebagai Kapolres Bangkalan.

AKBP Wiwit Ari Wibisono saat menjabat sebagai Kapolres Pacitan memang dikenal berjiwa sosial sering berbagi beras kepada warga pacitan yang tak mampu. Setiap warga tak mampu yang kesulitan keuangan untuk membeli beras, diminta datang ke rumah dinasnya untuk diberi beras gratis.

Tidak hanya itu saja, AKBP Wiwit dikenal sebagai sosok yang dekat dengan anggotanya dan masyarakat pacitan.

Tak sedikit pula yang tidak mendengar, kalau saat pandemi Covid-19, AKBP Wiwit juga gemar berbagi, membantu dengan cara membeli semua dagangan penjual yang terdampak PPKM. Tak hanya itu, rasa berbagi juga diberlakukan kepada anggotanya. Bahkan saat minyak goreng langka dan mahal, berinisiatif membuat minyak goreng sendiri bersama anggota jajarannya di polres dari bahan kelapa lalu dibagikan kepada penjaja makanan di sekitar kawasan alun alun.

Sudah mencintai suasana pacitan dan memiliki kenangan yang baik selama menjabat di pacitan membuat Kapolres Wiwit berencana ingin sekali bisa membangun masjid di pacitan.

“Ya memang, karena saya memberitahu saudara saudara saya itu jika pas kesulitan keuangan untuk membeli beras tidak usah susah, langsung saja temui saya di rumah dinas, insyaAllah jika sediaan beras masih, akan saya beri. Prinsip saya, dimanapun berpijak, ayolah taburkan kebaikan agar kita selalu mendapatkan orang orang baik mengelilingi kita. Jika kita tanam kebaikan di dunia, saya yakin di akherat pun saya juga akan mendapatkan kebaikan dari doa doa orang baik yang telah kita mudahkan urusannya saat kesempitan.”tutupnya

Warga pacitan Purwoto memiliki kesan mendalam kepada sosok Kapolres AKBP Wiwit dengan sikap dan kiprahnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pacitan. Sehingga mera rasa kehilangan dengan kepindahan Kapolres Wiwit. Namun apa daya, tugas Negara memang harus mengalahkan segala urusan pribadi.

“Ternyata jabatan pak WIiwt lebih singkat dari apa yang kami bayangkan, tapi ya kehilangan apapun kami tetep harus rela, karena itu bagian dari konsekwensi dinamika bagi abdi Negara seperti Bapak. Apalagi skup nya Bapak itu NKRI. Kehilangan sih kehilangan tetapi yang bisa kami berikan saat ini doa terbaik tentunya untuk Bapak dan keluarga, baik dalam langkah karier maupun sebagai kepala keluarga yang selalu diberikan kelancaran dalam setiap menjalankan tugas Negara. Saya yakin kedepan semakin tidak akan ringan. Ini bukan akhir dari pertemuan kita tetapi ini adalah awal dari perjalanan panjang. Kalau saya punya slogan begini, kita kenal sekali tapi silaturahmi selamanya. Maturnuwun.”kata Purwoto

Untuk di ketahui, jabatan sebagai Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono bakal digantikan AKBP Wildan Alberd, S.I.K.

Editor: Asri N

Blog, Updated at: 16.09
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03