Ternyata Tahun Ini, Calon Jamaah Haji Pacitan Didominasi PNS

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Sabtu, Juni 04, 2022

GrinduluFM Pacitan -Dari total jumlah calon jamaah haji asal pacitan tahun 2022 yang berangkat ke Tanah Suci ternyata mayoritas pegawai negeri sipil (PNS).

Dari 53 calon jamaah haji, jumlah pegawai negeri sipil PNS sebanyak 30 orang, peringkat kedua swasta ada 11 orang, Ibu rumah tangga 3 orang, petani 2 orang, pedagang 3 orang, BUMD 2 orang dan pelajar/mahasiswa ada 1 orang.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Kabupaten Pacitan Agus Hadi Prabowo menyatakan, tahun ini calon jamaah haji dari latar belakang profesi pegawai negeri sipil (PNS) atau sekarang disebut ASN sebanyak 30 orang.

“Tahun ini sesuai latar belakang profesi atau pekerjaan memang pns mendominasi ada 30 orang. Sedangkan lulusan terbanyak dari calon jamaah haji kita slta.”katanya

Sesuai catatan Kementerian Agama Pacitan, untuk calon jamaah haji asal pacitan setiap tahun nya memang didominasi pegawai negeri sipil. Kedua biasanya diduduki swasta.”ungkap Agus HP

Sementara Pemkab Pacitan tahun 2022 ini memang diakui paling sedikit memberangkatkan calon jamaah haji nya jika dibandingkan tahun tahun sebelumnya. Perbedaanya sangat mencolok. Tahun tahun sebelumnya jumlah calon jamaah haji asal pacitan yang berangkat ke Tanah Suci mencapai seratusan lebih tapi tahun ini hanya 53 orang calon jamaah.

Diharapkan tahun depan calon jamaah haji asal pacitan bisa penuhi jumlah setara satu kloter atau sekitar 400 an orang.

Di tambahkan Agus Hp, secara teknis pemberangkatan tidak ada perubahan. Hanya saja untuk jumlah calon jamaah haji yang berangkat bertambah menjadi 53 orang karena ada tambahan satu orang Petugas Haji Daerah (PHD).

Sebelum berangkat calon jamaah haji sudah melakukan screening dan melakukan PCR di Puskesmas Tanjungsari.

“Alhamdulillah hasil screening negatip semuanya. Tinggal nunggu hasil PCR nya.”ungkapnya

Sedangkan Minggu siang (05/6/22) calon jamaah haji sudah harus mengumpulkan koper besar di kantor Kemenag pacitan untuk penimbangan. “Koper calhaj harus dalam kondisi berat kurang dari 15 kg. Nanti koper kita tandai rombongan dengan kain.”ujar Agus

Setelah koper besar ditimbang diamankan di kantor kemenang dengan penjagaan ketat sebelum pemberangkatan Senin (6/6/22) dari Pendopo Kabupaten Pacitan.

Sesuai jadwal, 53 calon jamaah haji asal pacitan diberangkatkan dari pendopo kabupaten dengan menggunakan 2 bus dengan pengawalan ketat dari Patwal Polres Pacitan menuju asrama haji sukolilo surabaya.

Calon jamaah haji asal pacitan masuk gelombang 1 kelompok terbang (Kloter) SUB-06 bersama Embarkasi Surabaya.

“Pukul 11.00 siang atau sebelum masuk Zuhur kalau bisa calon jamaah haji sudah harus keluar dari halaman pendopo kabupaten untuk perjalanan menuju asrama haji sukolilo surabaya.”pungkas Agus Hp

Editor: Asri N

Blog, Updated at: 10.52
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03