Tingkatkan PHBS! Belekan Mulai Serang Warga

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Rabu, Mei 25, 2022

GrinduluFM Pacitan - Tidak diketahui asal muasalnya, penyakit belekan atau bahasa medisnya konjungtiivitis yang dibawa bakteri dan virus ini mulai banyak menyerang warga di pacitan. Puluhan warga di sejumlah wilayah kecamatan di Kabupaten pacitan sejak seminggu terakhir mengeluh belekan. Mereka tidak sedikit yang menggunakan kaca mata hitam untuk sekedar bisa keluar rumah.

Dikarenakan cepatnya penularan dari belekan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan dr.Hendra Purwaka menganjurkan agar dalam kondisi cuaca seperti saat ini warga untuk lebih ekstra menjaga kebersihan diri terutama dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam kegiatan perilaku sehari-hari.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan dr.Hendra Purwaka, belekan itu bisa disebabkan oleh bakteri atau virus. Jika memungkinkan bisa diobati di rumah. Dr, Hendra menekankan warga untuk rajin mencuci tangan sebelum menghilangkan kotoran pada pagi hari dari mata. Pasalnya tangan sering kali membawa bakteri dan kuman.

“Memang dalam cuaca sekarang inkan panas ya.., kering meskipun ada hujan kadang jadi sedikit mendukung adanya belekan, ini perlu perhatian kita semua. Memang kita harus bisa menghindari debu, kuman kuman itu kan bisa dari debu atau tangan kita kotor. Yang penting jaga protokol kesehatan tidak hanya untuk Covid tapi juga penyakit lain selama ini kita sering mengalami seperti sakit mata flu bisa saja karena itu penyebabnya virus.”katanya

Ditambahkan dr.Hendra, daripada menggunakan tangan kosong (kotor) cobalah kain lap bersih dengan air hangat. Oleskan waslap ke mata dengan lembut. Jika gejala sudah parah, maka sebaiknya konsultasi dengan dokter mata.

“Belekan itu bukan penyakit musiman atau tahunan, asal bisa menjaga perilaku hidup bersih sehat tidak mudah terkena belekan dan juga flu.”tutup dr.Hendra

Editor: Asri

Blog, Updated at: 13.58
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03