Jamaah Haji Asal Pacitan Diberangkatkan Dari Pendopo Kabupaten 6 Juni, Pulang Kembali ke Pacitan 19 Juli 2022

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Senin, Mei 30, 2022

GrinduluFM Pacitan - Sebanyak 52 Calon Jamaah Haji reguler dan petugas kloter asal Pacitan rencana dijadwalkan keberangkatan nya tanggal 6 Juni 2022. Mereka dijadwalkan pulang kembali ke Pacitan sudah menyandang gelar haji tanggal 19 Juli 2022  sekitar pukul 23.00 WIB.

Rencana keberangkatan calon jamaah haji asal pacitan dari Pendopo Kabupaten. Upacara keberangkatan dimulai pukul 10.00 Wib.Sebelum masuk Dzuhur rombongan calon jamaah haji sudah harus diberangkatkan menuju asrama haji sukolilo Surabaya.

“Diharapkan sebelum masuk waktu dzuhur, calon jamaah haji sudah harus keluar dari pendopo kabupaten pacitan menuju asrama haji sukolilo.”kata Kepala Kementerian Agama Pacitan Moh.Nasim usai Rapat Koordinasi kegiatan operasional pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji kabupaten pacitan, Senin(30/5/22)

Ditambahkan Moh.Nasim, calon jamaah haji asal Pacitan masuk gelombang 1 kelompok terbang (Kloter) SUB-06 dengan jadwal keberangkatan masuk asrama haji embarkasi surabaya tanggal 6 Juni Jam 20.00 WIB. Berangkat ke Arab Saudi tanggal 7 Juni pukul 21.05 WIB dengan No. Pesawat SV5135 diperkirakan tiba di Madinah 7 Juni pukul 04.30 Waktu Arab Saudi.

Semakin dekatnya keberangkatan calon jamaah haji, dianjurkan agar calon jamaah menjaga kesehatan dan stamina tubuhnya dengan baik. Sebelum berangkat ke asrama haji, para calon jamaah haji wajib dan harus melakukan tes PCR yang dilaksanakan tanggal 4 Juni 2022 di Puskesmas Tanjungsari Pacitan.

“Saya berdoa dan yakinlah, seluruh calon jamaah haji asal pacitan dalam kondisi sehat tidak ada yang hasilnya positif. Saya berdoa betul, calon jamaah haji asal pacitan sehat semua.”ungkap Nasim

Adapun sesuai kesepakatan jadwal, calon jamaah haji asal pacitan sudah mulai melakukan pengumpulan koper besar Minggu 5 Juni 2022 pukul 13.00 s/d 16.00 WIB.

Koper dibatasi berat maksimal hanya 15 kg. Jika saat penimbangan lebih dari 15 kg akan dikurangi isiannya, semua itu demi keselamatan diri masing masing calon jamaah haji.

Nasim melanjutkan, tahun ini pacitan hanya mendapatkan kuota 54 orang yang berangkat haji, itupun ada yang mundur sehingga total yang fix pasti bernagkat tinggal 52 orang. Jumlah itu memang diakui sangat sedikit sekali dibanding daerah-daerah lain. Karena itu Kepala Kementerian Agama Pacitan mengharapkan betul, semakin lama pacitan semakin bertambah peminatnya untuk melaksanakan ibadah haji. Saat ini peminat mendaftar haji di Pacitan ternyata masih sangat rendah.

“Kita itu sampai kepada 400 orang jamaah atau satu kloter itu masih jauh, untuk ini PR kita bersama bagaimana menyadarkan masyarakat pacitan agar memiliki semangat tinggi menunaikan ibadah haji. Karena itu salah satu indikator bahwa pacitan itu makmur, sejahtera, nyaman dengan banyaknya masyarakat menjadi peminat untuk laksanakan ibadah haji.”pungkasnya

Editor: Asri N

Blog, Updated at: 14.00
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03