Dikira Mercon Pendem, Bunyi Menggelegar Kentut Pesawat ‘Sonic Boom’ Bikin Warga Pacitan Kaget, Rame Rame Bikin Status di Whatsapp

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Selasa, Mei 10, 2022

GrinduluFM Pacitan - “Kok Roto statuse gograk-Tulakan Punung sedeng suoro OPO kimau”.

Rame rame warga di Pacitan menulis status yang sama di whatsapp setelah suara dentuman dari pesawat TNI AU latihan pas di atas udara area wilayah pacitan.

Banyak warga mengira suara itu mercon pendem. Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono melalui Unit Reskrim langsung memerintahkan untuk turun lapangan lakukan penyelidikan untuk mengetahui kebenarannya, apakah mercon pendem atau ada hal lain. Satuan Intel Polres Pacitan pun ikut bergerak mencari tahu asal muasal suara dentuman di pagi itu yang bikin warga heboh dan kaget.

Menurut Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono saat dikonfirmasi Selasa(10/5/22) mengatakan, suara dentuman sekitar pukul 08.56 Wib itu bukan mercon pendem, akan tetapi bunyi keras dan getaran itu akibat pesawat TNI AU latihan sedang melakukan manuver dengan kecepatan tinggi. Sehingga suara tersebut bisa terdengar hingga beberapa kilometer yang disebut dengan istilah Sonic Boom.

“TNI AU latihan diudara, pengeboman suara dari ketinggian, bukan boom. Cakupannya tidak hanya pacitan saja, tapi Ponorogo juga kedenger itu. bukan mercon pendem ya seperti yang ditebak tebak warga, lagi latihan TNI AU, suara itu dari pesawat latihan.”katanya

Salah satu warga yang berprofesi ASN di lingkup Pemkab bercerita saat dentuman keras itu terdengar sempat kaget dan berlari keluar ruangan diikuti teman temannya yang lain.

“Saya kaget, kawatir itu runtuhan gedung atau apa, saya hentikan pekerjaan langsung keluar ruangan. Setelah dirasa aman saya kembali masuk ruangan lagi. Pikir saya mungkin itu mercon pendem. Semoga aman, tidak ada apa apa. Bikin kaget.”ujar ASN yang tidak mau disebut namanya ini

Sonic boom ledakan yang diakibatkan oleh suatu benda (umumnya pesawat yang bergerak di udara melebihi kecepatan udara. Pergerakan ini akan menyebabkan energy sangat besar yang terdengar seperti ledakan atau petir. Bergerak dengan kecepatan lebih besar dari suara di udara/kecepatan suara ini adalah sekitar 332m/s atau 1195 km/jam.

“Saya juga kaget, itu gak ada pemberitahuan ke kita. Intel saya perintahkan coba cari suara itu. Laporannya ke saya, itu suara latihan pesawat TNI AU dari ketinggian pas diatas udara wilayah pacitan. Belum ada laporan kerusakan dari warga akibat dentuman keras itu hingga menit ini.”ungkap Kapolres AKBP Wiwit

Ariyani warga pacitan yang kaget saat suara keras itu bunyi ikut bercerita. Saat itu dia berada di dalam rumah. Karena kawatir ada apa, anaknya langsung di gendongnya keluar. Ariyani berharap dentuman keras itu hanya pesawat kentut saja.

“Blieeenngg, suarane. Kaget saya. Apa mungkin pesawat ngedhukne boom apa nembak gitu. Kaca rumah sampai ikut gerak. Semoga benar itu tadi hanya suara pesawat lagi ngentut…he..he..he…”cerita Ariyani sambil tertawa lega.

Editor: Asri

Blog, Updated at: 14.46
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03