Waspadai Leptospirosis, di Pacitan Selama 4 Bulan ini 51 Positif dan 5 Meninggal Dunia

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Rabu, April 27, 2022

GrinduluFM Pacitan - Si Wabah Mematikan Leptospirosis masih perlu diwaspadai saat ini untuk wilayah pacitan. Pasalnya, penyakit yang disebabkan tikus ini kembali merebak di 11 Kecamatan Yakni, Bandar, Nawangan, Bandar, Tegalombo, Desa Bubakan, Tulakan, Wonokarto, Ngadirojo, Desa Gondosari, Desa Ketrowonojoyo, Kebonagung dan Desa Tanjungsari.

Penyakit yang disebabkan bakteri leptospira itu berdasar data Dinas Kesehatan sudah menjangkiti warga, 104 dinyatakan suspek, 51 lagi positif dan 5 lainnya meninggal dunia.

“Penyebaran bakteri tikus ini beda dengan tahun dulu, kalau dulu hanya ada di satu wilayah saja, akan tetapi saat ini menyebar kemana mana.”terang dr.Hendra

Dokter hendra menambahkan, tikus sawah lebh berpotensi menjadi vektor bakteri leptospira, untuk petani dihimbau menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) saat musim tanam kali ini. Namun leptospirosis sekarang tidak hanya petani saja, bisa menyerang siapa saja.

“Tikus bisa menyerang membawa bakteri kencing yang tertabawa air, air tersebut masuk ke tubuh manusia melalui luka di bagian tubuh.”tambahnya

Untuk diketahui, angka kasus leptospirosis tersebut tidak boleh disepelekan, sebab telat pertolongan bisa mengakibatkan kematian. Untuk itu warga diminta waspadai penyebabnya. Tahun ini pertambahan kasus leptospirosis ada trend kenaikan. Tahun 2021 selama setahun total ada 87 kasus. Sedangkan selama 4 bulan Januari hingga April 2022 sudah tercatat 51 warga dinyatakan positif dan 5 meninggal dunia, 104 suspek.

Mengetahui kondisi fakta di lapangan, tikus masih menyerang warga di pacitan, Dinkes memiliki rencana tindak lanjut terhadap penyebaran kasus baru dengan lakukan penyelidikan epidemiologi oleh puskesmas dan Rumah Sakit. Refreshing petugas puskesmas dan penguatan survelans leptospirosis serta koordinasi lintas sektor dalam rangka pengendalian.

“Kalau deteksi dini itu bisa, saya kira bisa cepat tertolong, makanya kalau merasakan sakit kearah gejala leptospirosis segeralah datang ke dokter.”pungkasnya

Editor: Asri N

Blog, Updated at: 07.11
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03