Selalu Telat Dapatkan Informasi Bencana di Wilayah, Kalaks BPBD Lebih Pilih Fungsikan Jalur Formal

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Rabu, Maret 02, 2022

GrinduluFM Pacitan - Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Erwin Andriatmoko merasa geram dengan kondisi riil di mana manakala terjadi bencana alam dalam bentuk apapun, baik itu bencana alam atau non alam, level skala berarapun sering terlambat menerima informasinya, padahal BPBD merupakan garda terdepan manakala terjadi bencana. Sehingga BPBD merasa tidak enak jika telat hadir di tengah tengah masyarakat yang terkena musibah bencana.

Tidak mau lagi kalah cepat untuk mendapatkan informasi laporan kejadian bencana terutama di wilayah Kecamatan, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pacitan Erwin Andriatmoko gerak cepat untuk memfungsikan jalur formal. Agen sigap yang dulu pernah dibentuk untuk melaporkan kejadian bencana di wilayah dianggap tidak berfungsi, sebab kenyataannya anggota agen sigap masih banyak yang tidak tahu kontak Camat atau Kepala BPBD.

“Kami BPBD jadi garda terdepan manakala terjadi bencana dalam bentuk apapun, tapi kenyataan sering terlambat menerima informasi, kadang malah kalah cepat dengan media. Kami ambil langkah hari ini mengumpulkan kasi transtib Kabupaten untuk emmbentuk tim kecil per wilayah sampai ke desa desa dan dalam personil kami BPBD akan kita masukan 3 orang nanti.”katanya

Ditambahkan Erwin, tiga orang dari BPBD yang dimasukan dalam group WA lintas formal tersebut tugasnya akan memantau.

“Nanti kita akan mengadakan evaluasi rutin disepakati nanti dua bulanan atau tiga bulanan bagaimana kerja yang lebih efektip lagi, sehingga pemerintah itu bisa hadir lebih cepat ketika terjadi bencana diwilayah.”tambahnya

Dilanjutkan Erwin, BPBD menyadari memang lemah dalam mendapatkan informasi cepat dalam kejadian bencana per wilayah. Sistem yang tercipta belum mencapai bentuk ideal untuk percepatan informasi terjadinya bencana di suatu wilayah.

“Makanya suka tidak suka saya mengambil langkah untuk memfungsikan lintas formal.”pungkasnya

Editor: Asri N

Blog, Updated at: 16.06
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03