Dinilai Memiliki Potensi Kemampuan Lebih Yang Utuh dan Jujur, 8 ASN Eselon II Terpilih Menjabat Kepala Dinas

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Jumat, Maret 18, 2022

GrinduluFM Pacitan - Sekarang penunjukan Kepala Dinas lebih ketat, tak lagi modal dekat Bupati saja, Buktinya dari Kepala Dinas yang dilantik Jumat(18/3/22) sebanyak 8 Aparatur Sipil Negara (ASN) Eselon II di lingkup Pemkab Pacitan ini harus melalui proses tahapan yang panjang, tidak hanya sekedar tunjuk dari Bupati.

Delapan Kepala Dinas yang terpilih dari hak kewenangan penuh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji tersebut harus memiliki modal integritas lebih.

“Saya percaya ke 8 ASN Eselon II ini punya integritas lebih. Penekanan saya disitu mengapa saya memilih satu terbaik dari tiga yang baik dari hasil lelang. Integritas itu utama menurut saya.”katanya

Selain integritas lebih, Kepala Dinas harus bisa bekerja dengan sungguh sungguh, amanah dan tanggungjawab sesuai tupoksi masing masing dan bisa berkolaborasi dengan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Integritas yang dimaksud dalam memilih jabatan Kepala Dinas tersebut adalah sifat keadaan yang merupakan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan dan kejujuran.

Bupati Aji menambahkan, meskipun jabatan kepala dinas strategis ini dipercayakan kepada 8 ASN akan tetapi perlu diingat, assesment (seberapa baik kinerja mereka) di berlakukan ketat oleh bupati Aji. Sehingga dalam bekerja ke 8 kepala dinas ini tidak boleh nglokro alias gasspol.

“Untuk memilih satu ini, jenjang seleksi tahap demi tahap sudah selesai semua, ada penilaian dan inilah hasilnya.”tambahnya

Delapan ASN hasil lelang jabatan itu mayoritas dari menjabat Sekretaris naik pangkat menjadi Kepala Dinas. Bambang Marhaendrawan menjabat Kepala Dinas Kominfo yang sebelumnya menjabat Sekretaris Dinas Perikanan. Turmudi menjabat Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga yang sebelumnya Kepala Bagian Pengadaan Barang /Jasa Setkab. Suparlan menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, sebelumnya menjabat Sekretaris. Amat Taufan menjabat Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, sebelumnya menjabat Camat Punung. Heru Tunggul menjabat Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, sebelumnya menjabat Sekretaris. Didik Alih Wibowo menjabat Sekwan, sebelumnya menjabat Kepala Bagian Perekonomian Setkab. Dra Jayuk Susilaningtyas menjabat Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, sebelumnya sekretaris Badan Keuangan Daerah.

Selain melantik 8 jabatan Kepala Dinas, Bupati juga melantik jabatan eselon III dan IV total ASN yang dilantik Jumat 18 Maret 2022 di Pendopo Kabupaten sejumlah 52 orang.

Bupati Aji melanjutkan, yang paling penting itu bukan saat ini akan tetapi nanti kedepannya.

“Bagaimana delapan yang kami pilih untuk eselon dua ini betul betul bisa bekerjasama dengan perangkat daerah yang lainnya dengan elemen yang lainnya untuk memajukan pacitan. Intinya itu.”lanjut Bupati Aji

Sementara dalam kesempatan yang sama Ketua DPRD Kabupaten Pacitan Roni Wahyono mengharapkan, pemilihan kepala dinas ini benar-benar sesuai dengan hasil tes baik itu dari sertifikat keahlian, kecakapan dan kemampuan.

“Sehingga hasilnya ini pejabat yang professional sesuai seritifikat keahliannya, itu penting guna memastikan kompetensi Kepala Dinas itu. Sedang target bagi saya sangat penting agar pejabat yang dipilih ini memiliki kerja yang nyata dan memiliki tujuan mewujudkan visi-misi Bupati dan Wakil bupati yang tertuang dalam RPJMD.”tutup Roni Wahyono.

Editor: Asri N

Blog, Updated at: 16.35
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03