Peminat Lelang Jabatan Pemkab Sepi Diawal, Banyak yang Pilih Daftar di Detik Detik Terakhir

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Selasa, Februari 15, 2022

GrinduluFM Pacitan - Tinggal satu hari lagi pendaftaran lelang jabatan ditutup tanggal 16 Februari 2022 sejak dibuka tanggal 2 Februari 2022. Namun jumlah yang daftar ternyata masih jauh dari harapan.

Data Badan Kepegawaian Daerah menyebutkan, satu hari sebelum ditutup per 15 Februari baru ada 10 pendaftar, padahal pendaftar dalam lelang jabatan ini disesuaikan jabatan yang ada dan memenuhi syarat harus sejumlah minimal 32 orang.

Apakah hal itu karena tidak diminati dari jabatan yang dilelang atau memang masih ada ASN yang kurang percaya diri, ditanggapi Sekda Pacitan Heru Wiwoho, kemungkinan saja ASN ini memilih untuk mendaftar di menit terakhir. Sekda Heru Wiwoho mengingatkan kepada seluruh ASN yang penuhi persyaratan ikut lelang jabatan untuk menaati batas waktu yang telah ditentukan.

“Kita tunggu aja, mereka juga berhitung kemampuan mereka lebih pas kemana, mereka nimbang nimbang juga, belum aja, detik detik terakhir, saling melihat temennya toh sama seperti saat cari sekolahan perlu tahu dulu mana peluang yang besar.”kata Sekda Heru Wiwoho

Sementara Yunus Hariadi ikut membenarkan kemungkinan di detik-detik terakhir banyak yang akan ikut mendaftar, alasannya, sudah banyak yang konsultasi secara lisan akan mendaftar tapi masih menunggu proses persyaratan lengkap.

Kepala BKD Yunus Hariadi, mendorong ASN yang memenuhi syarat dipersilahkan untuk ikut daftar baik itu ASN yunior maupun setingkat Kabid, siapa tahu garis tangannya di situ. Melalui pengumuman sudah digencarkan terkait pendaftaran dibuka dan ditutup.

“Sebenarnya sudah banyak yang kontak kekita ingin mendaftar, Cuma masih melangkapi persyaratan. Karena memang banyak sekali persyaratannya sesuai aturan.”ujarnya

Ditambahkan Yunus, ada 8 jabatan Organisasi Perangkat Daerah(OPD) yang bakal dilelang, Perpustakaan, KBPP, PU, Perkim, Pariwisata, PMD, Kominfio dan Sekwan.

Dari 10 orang yang mendaftar ternyata untuk perpustakaan, sekwan dan pariwisata masih belum ada yang mendaftar.

Jika melihat stok ASN di lingkup Pemkab Pacitan yang penuhi syarat banyak, seperti Eselon 3A jumlahnya ada sekitar 41, belum yang 3B yang senior juga banyak setingkat Kabid ratusan jumlahnya. Namun tampaknya.

“Saya kira mereka ini malu karena masih yunior, tapi padahal aturannya mereka ini boleh, sudah boleh ikut.”tambahnya

Persyaratan untuk ikut lelang jabatan tersebut, ASN harus buat makalah sesuai bidang yang akan diinginkan dalam lelang tersebut. Tema makalah yang menentukan panitia, cuma saja itu fleksibel. Yang penting tidak keluar dari bingkai tema.

“Yang akan dinilai nanti diantaranya paparan makalah, assesment yang berikan nilai dari Provinsi dan wawancara dengan panitia.”ungkap Yunus Hariadi

Jika jadwal pendaftaran ditutup tetapi kuota pendaftar belum terpenuhi, BKD akan melaporkan atau konsultasi ke Komisi Aparatur Sipil Negara KASN untuk meminta petunjuk apakah di perpanjang masa pendaftarannya ataukah dihentikan atau dibiarkan kosong.

"Nanti kalau masih belum ada yang daftar sampai akhir jadwal pendaftaran, ya kita konsultasikan ke KASN. Jika petunjuknya diperpanjang pendaftaran kita perpanjang. Ya kita tunggulah sampai besuk ya tanggal 16 itu bagaimana."pungkasnya 

Editor: Asri

Blog, Updated at: 13.28
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03