Peduli Kesehatan Warga Lansia, Mahasiswa KKN UNS Adakan Posyandu Lansia di Desa Ngromo Kecamatan Nawangan

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Kamis, Februari 24, 2022

GrinduluFM Pacitan - Setelah sempat terhenti akibat Pandemi Covid-19 kegiatan posyandu lansia di Desa Ngromo kembali dihidupkan.

Kelompok mahasiswa KKN UNS 119 mencoba untuk menghidupkan kembali melalui kegiatan peduli kesehatan warga lansia.

Peduli kesehatan warga lansia tersebut berupa kegiatan senam lansia dan cek kesehatan para lansia untuk semua warga lansia di Desa Ngromo Kecamatan Nawangan.

Tampak antusiasme warga lansia di desa tersebut mengikuti kegiatan yang di prakarsai oleh kelompok KKN UNS 119. Tidak berlebihan memang, sejak pandemi Covid -19 dengan penerapan PPKM hampir semua kegiatan yang mengumpulkan massa banyak dilarang.

Kegiatan senam lansia dan cek kesehatan warga lansia itupun langsung dapat respon bagus dari masyarakat setempat. Buktinya, warga lansia yang datang ke posyandu sangat luar biasa banyak. Terlihat dari halaman kantor desa Ngromo penuh dengan para lansia. Tawa gembirapun begitu mereka rasakan.

Meskipun banyak warga lansia yang datang, protokol kesehatan, seperti memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak tetap diterapkan karena masih di tengah tengah pandemi Covid-19.

Rangkaian kegiatan posyandu lansia yang di selenggarakan di halaman kantor Desa Ngromo diawali dengan senam khusus lansia yang diinstrukturi langsung oleh mahasiswa KKN UNS.

Dalam aksi peduli kelompok KKN mahasiswa UNS tersebut juga di laksanakan cek kesehatan berupa cek asam urat, tensi darah dan memeriksa kesehatan lansia yang mengeluhkan memiliki penyakit. Selain itu juga dilakukan timbang berat badan lansia.

Retno Palupi Tenaga Kesehatan Polindes Desa Ngromo mengatakan, kegiatan posyandu lansia ini bagi masyarakat yang memiliki BPJS dapat berobat dengan biaya lebih murah. “Selain itu lansia juga mendapat hiburan yang menyehatkan dengan mengikuti senam pagi.”katanya

Ditambahkan Retno Palupi, kegiatan peduli kesehatan warga lansia seperti yang dilaksanakan mahasiswa UNS ini didarapkan dapat kembali dilaksanakan secara rutin.

“Kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin agar kesehatan masyarakat dapat terpantau secara berkelanjutan.”pungkas Retno Palupi Tenaga Kesehatan Polindes setempat.(KKN UNS 119/Asri)

Blog, Updated at: 17.01
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03