Petani Pacitan Ogah Tanam Kedelai, Produksi Kedelai Kabupaten Pacitan dari Tahun ke Tahun Turun Drastis

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Rabu, Februari 23, 2022

GrinduluFM Pacitan - Di tengah hangat hangatnya kabar kedelai langka dan harga mahal, produksi tanaman kedelai di Pacitan pada tahun 2022 ini turun drastis. Penurunan produksi tanam kedelai singnifikan sekali.

Nilai jual yang rendah dibanding komoditas lain salah satu penyebab petani di pacitan ogah tanam kedelai. Petani pacitan mayoritas lebih tertarik tanam padi, jagung dan umbi.

Gatot Winarso Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Pacitan mengatakan, tahun 2022 mengajukan tanam kedelai 100 hektar yang ditanam di bulan Februari sekitar 23 hektar, yang lain ditanam di Bulan Juni, Juli dan Bulan Oktober.

“Jadi kenapa seperti ini, dulu kalau kita lihat kisahnya tanaman kedelai itu dari ketahun kita itu alami penurunan. Karena apa? Kalau dulu disinyalir harga komoditas kedelai tidka menjanjikan sehingga dampaknya luas tanam ikut turun,”katanya

Ditambahkan Gatot Winarso, sekarang harga bakal tinggi sekitar Rp.10 ribu perkilogram nya. tapi tetap saja yang tanam belum ada. “Yang tanam kedelai di Pacitan itu tahun 2021 tinggal 431 hektar jadi memang turun drastis. Terus saat ini yang tanam baru ada 4 hektar sudah gak menarik. Begitu ini ada kenaikan harga agak lumayan lagi meski tidak banyak.”tambahnya

Sementara untuk penanaman yang diajukan untuk perbantuan stimulan dari Jakarta hanya 100 hektar. Itupun sudah disampaikan di tingkat lapangan. Sedangkan untuk 30 hektar sudah ditanam kedelai hitam di Desa Widoro.

Untuk diketahui, rendahnya produksi kedelai di Indonesia disebabkan karena minimnya dukungan untuk petani lokal. Untuk menyakinkan petani tanam kedelai di pacitan memang susah. Pasalnya, kata Gatut, kalau ketersediaan kedelai meningkat, harganya cenderung turun.

“Harga jual kedelai yang tak menentu kepastiannya ini membuat petani tak tertarik menanam kedelai.”pungkasnya

Editor:Asri N

Blog, Updated at: 15.24
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03