Lewati Tahapan Paparan Makalah, Seluruh Peserta Lelang Jabatan Menyakinkan

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Selasa, Februari 22, 2022

GrinduluFM Pacitan - Proses lelang jabatan Pimpinan Tinggi Pratama masuk tahapan pemaparan makalah. Dari 39 peserta terkonfirmasi hadir sesuai absensi kehadiran.

Selasa(22/2/2022) merupakan hari terakhir peserta lelang jabatan kepala dinas paparan makalah di depan Pansel.

Paparan makalah dilaksanakan di Gedung Diklat dengan durasi 20 menit setiap peserta. 10 menit paparan dan 10 menit Tanya jawab.

Ada 5 pansel yang menguji 39 peserta lelang dalam setiap tahapan. Yakni, Sekda Heru Wiwoho, Mantan Sekda Sukowiyono, Kepala BKD Yunus Hariadi, Mantan Kepala BKD Fatkhu Rozi dan Praktisi pendidikan Mukhodi.

Dalam memaparkan makalah hasil karya sendiri para peserta lelang jabatan membuat bangga Sekda Heru Wiwoho.

Menurut nya, semua peserta yang hadir memiliki kemampuan luar biasa sehingga dalam penilaian, panitia seleksi benar benar harus lebih selektip. Sebab tahapan paparan makalah tersebut masuk dalam bagian penentu penilaian.

“Semua peserta benar benar menyakinkan, mereka saya kira cukup bersemangat dna menyakinkan tim pansel. Nampaknya mereka semua mampu diberi amanah menjabat eselon 2. Mereka ini Aparatur Sipil Negara yang harus kita bina karir nya.”kata Sekda Heru Wiwoho

Meskipun semua peserta menyakinkan tim pansel, tetap akan di ambil 4 orang peserta sajayang akan ke KASN. Lalu tim pansel akan mengambil 3 terbaik untuk dimintakan rekom ke KASN, kemudian dari 3 terbaik itu diajukan ke Bupati untuk di pilih.

Salah satu peserta, Heri Setijono Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menuturkan, ada rasa deg degkan saat paparan makalah di depan 5 assesor yang semua seniornya. Harapannya, dari paparan dan jawaban pertanyaan yang dilontarkannya bisa dipahami dan dampaknya dapat nilai bagus, itu saja.

“Saya pilih PMD karena memang sesuai profil karir saya, disitu ada 4 orang peserta. Saya ambil tema sumber daya aparatur pemerintah desa sebagai palang pintu terakhir dari semua kebijakan daerah.”katanya

Beda pula dengan Teki peserta perempuan dalam lelang jabatan tersebut menuturkan perasaannya biasa saja seperti saat kerja.

“Pertanyaan pansel juga biasa seperti saat kita kerja, apa saja yang dikerjakan. Bagaimana cara mengelola anggaran desa. Dalam hal ini saya tetap memilih di garis kedua. Pokoke beckup itu ajalah.”tutur Teki

Sesuai jadwal seleksi terbuka lelang jabatan, setelah selesai tahap paparan makalah, peserta masih akan ikuti tahapan assesment, Kamis-jumat 24-25 Februari 2022 di Gedung Diklat dengan tim penilai dari Provinsi.

Seperti diketahui, ada 39 peserta lelang jabatan untuk menduduki 8 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang kosong. Dari 39 peserta, ada 4 orang di masing-masing OPD kemudian akan dipilih lagi 3 terbaik untuk diajukan dapat rekomendasi dari KASN, terakhir di ajukan ke Bupati dari 3 terbaik untuk dipilih siapa yang akan diamanahi menduduki kursi pejabat eselon II di 8 OPD.

Editor: Asri N

Blog, Updated at: 15.07
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03