Dua Keluarga Direlokasi, Tanah Bergerak di Dusun Salam Karanganyar Makin Parah

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Selasa, Februari 22, 2022

GrinduluFM Pacitan - Pergerakan tanah di Dusun Salam Desa Karanganyar Kebonagung semakin parah terjadi di dua dusun Desa Karanganyar.

Karena semakin parah dua keluarga tak berani pulang lagi. Mereka dimungkinkan harus relokasi, sebab rumahnya tak lagi layak di tempati.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Pacitan Erwin Andriatmoko membenarkan adanya tanah gerak yang mengakibatkan dua keluarga mengungsi. Menurut Erwin, kedua keluarga itu tidak berani pulang kerumah dan dimungkinkan harus direlokasi.

“Mereka trauma kejadian 2017 lalu. Tak berani tidur di rumahnya, takut kalau pas tidur tiba tiba rumahnya ambles akibat gerakan tanah. Dua keluarga ini potensi kita relokasi.”katanya

Ditambahkan Erwin, bagian bawah rumah dua keluarga itu sekarang semakin membahayakan. Di dekat rumah itu ada tanah yang sewaktu waktu memang bisa saja geser.

Sampai saat ini pihak BPBD dibantu warga setempat selalu memantau pergerakan tanah. Dan akan melaporkan ke pihak lebih kompeten terkait layak tidaknya untuk dihuni lokasi tersebut.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Pacitan mengingatkan warga untuk tetap tingkatkan kewaspadaan terhadap potensi curah hujan tinggi. Apalagi Februari merupakan puncaknya hujan.

“Tetap harus waspada, bagaimanapun juga Pacitan itu termasuk level 1 untuk kategori bencana alam.”pungkasnya

Editor: Asri

Blog, Updated at: 15.22
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03