Bakal Dibangun Dua Jembatan Gantung untuk Evakuasi Tsunami Di Pacitan

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Jumat, Oktober 29, 2021

Grindulu FM Pacitan - Jembatan gantung untuk evakuasi di Pacitan yang akan dibangun tersebut menghubungkan Teleng dan Tamperan. Satu titik berada di samping jembatan teleng menuju Kandang Sapi dan satu lagi di lingkungan kantor UPT Kelautan Perikanan Provinsi yang menghubungkan antara pelabuhan tamperan dan pantai teleng ria.

“Bagaimana masyarakat akan lari evakuasi kalau akses jalan menuju jalan raya sempit. Lalu bagaimana kalau jembatan permanen di teleng itu ambruk dengan adanya gempa.akhirnya bu menteri memberikan arahan untuk membangun jembatan gantung atau darurat.”kata Sunaryo.

Menurut Sunaryo Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pacitan, jembatan gantung tersebut sebagai jalur evakuasi warga yang ada di pinggir pantai menuju ke jalan raya. Mengingat jembatan permanen tak mungkin cukup untuk evakuasi secara bersamaan. “Jadi nanti polanya membangun jembatan gantung itu akan di gerakan relawan selain juga teknisi. Kemaren kementrian akan menjanjikan tahun ini asalkan surat survey segera di tandatangani Bupati dna akan segera dilaporkan ke Kementrian.”kata Naryo.

Sesuai desain rancangan, jembatan tersebut akan di buat dengan warna warni sehingga bisa membuat ingatan warga lebih mudah menerima. Karena jembatan gantung ini nampak indah kalau sudah jadi dengan warna warni cat nya, rencana juga akan di jadikan destinasi wisata baru selain mengedukasi manfaat dari jembatan gantung terseut dibangun di Pacitan khususnya di dua titik tersebut.

“Jembatan itu bisa di pindah pindah dan juga bisa untuk selfie bagi warga yang melewatinya atau sekedar untuk melihat lihat saja.”tambahnya.

Ditambahkan Sunaryo, jembatan bantuan dari Kementrian Sosial tersebut tahun ini akan digarap dengan anggaran cukup murah. Kata Sunaryo dua jembatan tersebut menghabiskan anggaran 24 Juta saja karena satu jembatan di perkirakan habiskan anggaran 12 Juta rupiah.

“Insyaallah..tinggal nunggu parap Bupati segera kita kirimkan agar dipercepat pembangunan jembatan gantung itu di pacitan. Target ya tahun ini sudah bisa pengerjaan. Kemaren tim survey kemensos sudah melihat secara dekat lokasi yang di ajukan Pemkab Pacitan untuk di bangun Jembatan Gantung Warna Warni.

Seperti di ketahui, kunjungan menteri sosial RI Tri Rismaharini bulan lalu menjanjikan akan membangun jembatan gantung guna evakuasi bencana alam Tsunami yang konon prediksi BMKG ada potensi gempa Mega Trush berpotensi Tsunami di Pacitan.

Selain membuatkan jembatan gantung untuk evakuasi, Kementrian Sosial juga menyarankan Pacitan membuat gudang penyimpanan makanan saat bencana terjadi. Progres dari Dinas Sosial Kabupaten Pacitan memilih lima desa sebagai titik evakuasi sementara untuk dipilih menjadi gudang tempat menyimpan makanan yakni, Desa Tambakrejo, Kayen, Tanjungsari, Sambong, Sedeng. “Mudah mudahan itu bisa jadi titik aman ketika jadi bencana bisa di lakukan penyaluran keluar.”pungkas Naryo.

Editor : Asri Nuryani

Blog, Updated at: 14.57
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03