Dua Jet Tempur T-50 Dan Super Tucano Koopsau II Latihan Membom Dari Udara Sasaran Laut Pacitan

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan - 104,6 MHz on Rabu, 25 Agustus 2021

Grindulu FM, Pacitan -Suara dentuman bom terdengar dua kali oleh warga yang bermukim 3 km dari pesisir laut. Berawal adanya pesawat jet tempur melintas di udara, lalu ada dentuman seperti bom terdengar. Dentuman pertama terdengar sekitar pukul 11.00 Wib lalu beberapa menit kemudian terdengar lagi. Setelah itu tak lagi terdengar. Informasi sesuai surat pemberitahuan, penembakan akan di lanjutkan lagi malam hari. Suara dentuman itu merupakan kegiatan latihan penembakan yang di lakukan oleh TNI Angkatan Udara (AU) di pesisir perairan laut pacitan, Rabu(25/08/2021) “Latihan antar satuan jajaran komando operasi TNIAngkatan Udara(Koopsau)II, dalam latihan ini kita akan manuver gunakan dua jenis jet tempur andalan kita dari Lanud Iswahyudi T-50 dan Super Tucano dari Abd salim.”kata Letkol Pnb Hlp Ambarita Chief Of Safety Koopsau II
Pesawat tempur milik TNI Angkatan udara (AU) jenis T-50 Golden Eagle dan pesawat tempur Super Tucano dari Lanud Abd Salim berlatih membom dari udara sasaran laut di pacitan. Latihan di laksanakan Rabu(25082021) siang dan malam sesuai jadwal yang sudah di beritahukan jauh hari sebelumnya.
Letnan Kolonel Pnb Hlp Ambarita Chief Of Safety Koopsau II menjelaskan, latihan di wilayah periaran pacitan kali ini merupakan latihan ketiga ikatan daya koopsau II untuk melanjutkan pertempuran udara kemudian serangan udara kepermukaan darat. Untuk rabu malam akan di tembakan lagi menggunakan jet tempur super tucanon dengan sasaran perairan laut pacitan. Pesawat yang di gunakan semua dalam bentuk formasi.
 Di sepanjang lokasi masuk wilayah latihan di jaga ketat petugas. Sebelumnya juga sudah beredar himbauan agar warga dan nelayan tidak melakukan aktivitas dulu di sekitar laut selama ada latihan membom. “Dimana hari ini kita laksanakan moment penembakan dari udara ke permukaan target sasaran di permukaan air.”jelas Hlp Ambarita Letkol Ambarita. 

Ia melanjutkan, secara umum berjalan lancer latihan untuk jadwal pertama di siang hari dengan menggunakan jet tempur jenis T-50.  Sedangkan untuk jet tempur super tucano kita akan menguji kemampuan dua pesawat koopsau II dalam operasi malam hari dan siang hari. Dalam giat latihan tempur tersebut ada pelajaran berharga bagi skill penerbangan. 

 Selain untuk meningkatkan profesionalisme sekaligus mengasah naluri tempur anggota AU dalam mengamankan NKRI. “ Secara umum berjalan lancar, misi, taktik dapat kita uji dan ini akan kita evaluasi semuanya, mudah mudahan dapat taktik yang lebih baik kedepannya. Disini ada pelajaran berharga dari skil penerbangan karena ini merupakan tanggung jawab semua dalam mengembangkan kemampuan kita untuk menjaga NKRI.”pungkas Letkol AmbaritaChief Of Safety Koopsau II saat di wawancarai di lapangan.    

Editor : Asri Nuryani

Blog, Updated at: 15.10
Comments
0 Comments