Pingin Bersihkan Narkoba Hingga Akarnya, Kapolres Launching Kampung Tangguh Narkoba di Desa Sumberharjo

Posted by Radio GrinduluFM Pacitan - 104,6 MHz on Kamis, 17 Juni 2021

Grindulu FM, Pacitan -Melihat peredaran narkoba di Pacitan tidak boleh lagi di pandang sebelah mata karena bukti nyata sudah banyak kasus yang di tangani kepolisian pacitan meski hanya kecil kasusnya atau indeksnya juga masih rendah dibanding daerah lain, akan tetapi hal itu justru membuat Kapolres Pacitan berniat membersihkan narkoba ini dari akar akarnya.

                                       

Salah satu giat yang di laksanakan dengan memilih desa sumberharjo sebagai lokasi pertama yang siap dan berani melaunching bebas bersih kampung tangguh narkoba.

“Untuk membangkitkan desa membantu pemerintahan dan penegak hukum meng atensi warganya yang mulai merubah perilaku agar di informasikan ke kepolisian untuk di tes urine.”kata Kapolres AKBP Wiwit Ari Wibisono

Sasaran yang di beri sosialisasi terkait narkoba di acara kampung tangguh narkoba desa sumberharjo tersebut adalah orang tua. Dikandung maksut orang tua ini nanti bisa mengawasi perilaku anak anaknya atau anggota keluarganya yang berprilaku aneh tak biasanya.

“Untuk memperhatikan anak anaknya apabila ada perubahan anak anaknya secara pribadi kepada kepala desa kemudian petugas polisi bisa mengintrogasi penyebabnya kemungkinan kecanduan narkoba. Kita akan tanya nanti dapatnya dari mana. Kita siap bongkar sampai akar akarnya.”jelas Kapolres AKBP Wiwit Ari Wibisono

Di tambahkan AKBP Wiwit, kampung tangguh narkoba ini beriringan dengan kampung tangguh semeru yang di tempatkan sama juga di balai desa sumberharjo salahsatunya. Kegiatan ini juga menunjang ketahanan oangan di kampung tangguh sehingga dampak pandemi Covid-19 tidak berpengaruh pada kehidupan terutama ekonomi warga desa.

“Saya harap ini bisa membantu mereka yang terdampak covid-19 dan juga bisa menyampaikan pada anggota keluarga akan bahayanya narkoba.”imbuh Kapolres Wiwit

Seperti di ketahui, untuk saat ini kasus narkoba di pacitan memang bagai fenomena gunung es, antara data yang terlapor di kepolisian lebih sedikit ternyata di banding yang memang ada di lapangan. Kondisi itulah yang membuat aparat kepolisian dalam hal ini satnarkoba gencar melakukan sosialisasi akan bahayanya narkoba. Dan tidak semua kasus narkoba itu pelakunya di penjara. Ada juga yang mereka akan di rehabilitasi terutama pecandu.

Satu kasus narkoba yang baru baru ini di tangani kepolisian pacitan adalah kasus penanaman ganja hidroponik atau tanam media pot. Kasus itu masih dalam pengembangan dengan satu pelaku masih DPO (Dalam Pencarian Orang)kepolisian.
Rata rata dari kasus yang sudah di tangani kepolisian pacitan, warga pacitan itu hanya pengkonsumsi sedangkan pengedar atau distributornya orang luar pacitan.
“Pacitan ini hanya di jadikan pasarnya bagi pengedar narkoba itu.”jelas Kasat Narkoba Polres Pacitan AKP Khoirul Maskanan



Editor : Asri Nuryani


Blog, Updated at: 14.03
Comments
0 Comments