Bupati: Komitmen dan Konsistensi Kepala Desa Sangat Diperlukan Untuk Pengembangan Desa Wisata

Posted by Radio GrinduluFM Pacitan - 104,6 MHz on Selasa, 22 Juni 2021

Grindulu FM, Pacitan -Banyaknya potensi wisata di sejumlah Desa yang ada di Kabupaten Pacitan ternyata belum semua di berdayakan  secara optimal sebagai sumber  basah  dalam mengumpulkan pundi pundi daerah atau pendapatan asli daerah (PAD) maupun pendapatan desa. Padahal  dari hasil pengamatan ada 11 desa di  Kabupaten Pacitan memiliki potensi untuk di kembangkan menjadi desa wisata  yang bisa memiliki nilai jual tinggi jika di kelola dengan komitmen dan konsisten.

                                        

Seperti di ketahui, Pacitan sebagai destinasi wisata nasional saat ini sedang berupaya menggeliatkan pengembangan wisata desa  sebagai  wisata yang punya daya tarik kuat bagi pengunjung.
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengatakan, untuk mengembangkan desa wisata  sebenarnya  tidak hanya di butuhkan dengan banyaknya potensi wisata saja. Akan tetapi lebih di pelrukan adanya konsistensi, komitmen dari pemerintahan desa dan juga warganya dalam mendorong dan memberikan dukungan kuat.

“Desa wisata itu butuh komitmen antara pemerintahan desa dan pemerintah kabupaten untuk bisa selaras betul. Kedua konsistensi desa betul betul di jaga untuk pengembangan wisata  terutama bagaimana masyarakat luar bisa ada rasa untuk kembali lagi setelah datang untuk pertamakali.”kata Aji Bupati Pacitan
Di tambahkan Aji, membangun desa wisata itu tidak harus yang megah dan wah, akan tetapi cukup dengan yang sederhana dulu.

Kabupaten Pacitan merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki 166 desa dengan potensi wisatanya yang tak kalah menarik dengan yang di punyai dunia international maupun nasional. Contoh, pantai klayar, pantai pidakan dan banyu tibo, sungai maron sudah sangat di kenal mata dunia karena  keunikannya tidak dimiliki daerah lain. Bahkan dari wisata edukasi, beberapa desa di Pacitan juga memiliki potensi untuk dikembangkan jadi desa wisata yang tak kalah menariknya, seperti gua dan tradisi ceprotan.

Dalam mewujudkan desa wisata juga sangat di butuhkan wawasan tentang kewisataan dari  warga dan aparat desa terutama terkait pengelolaan dan manajemen nya sehingga tidak pudar sebelum memberi hasil.
“Ada desa tidak punya  wisata pantai misalnya, tidak perlu pudar semangat. Bisa menjadikan tradisi desa  itu sah sah saja untuk di tonjolkan menjadi potensi  desa  wisata berbasis industri.”kata Indrata

Agenda Bupati Pacitan Selasa(22/06/2021) salahsatunya menerima tim verifikasi program desa wisata.

Untuk di ketahui, Pacitan pernah mengajukan status pertemuan air  terjun dan Pantai Banyu Tibo dari desa wisata tingkat madya ketingkat utama. Di harapkan keberadaan desa wisata dapat mendongkrak ekonomi masyarakat termasuk menambah pendapatan asli  daerah.



Editor : Asri Nuryani


Blog, Updated at: 15.50
Comments
0 Comments