Bhabinkamtibmas Menjadi ‘Superman’ nya Polres Pacitan

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan - 104,6 MHz on Jumat, 19 Maret 2021

Grindulu FM, Pacitan - Bhabinkamtibmas anggota polisi yang tugasnya bersentuhan langsung untuk melayani masyarakat sampai pada pelosok pelosok terpencil itulah sejatinya garda terdepan Polres Pacitan kata Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono di depan ratusan Bhabinkamtibmas saat memberikan arahan di Gedung Bhayangkara, Rabu, (17/03/2021). Tidak heran jika kemudian 140 Bhabinkamtibmas di Polres Pacitan itu dinobatkan sebagai ‘Superman’nya Polres Pacitan. “Kenapa saya pilih superman biar gampang di ingat.”kata Kapolres Wiwit.
 
Tampaknya berbagai cara terus dlakukan Kepolisian untuk merubah anggapan di mata masyarakat bahwa polisi itu tidak perlu ditakuti tapi justru harus dilihat sebagai pengayom masyarakat. Dengan terobosan-terobosan kreatif inilah, Polres Pacitan selalu mendapatkan penghargaan dari Polda Jatim maupun dari Mabes Polri. Disampaikan Kapolres Pacitan, AKBP Wiwit Ari Wibisono, sebagai garda terdepan Polri dalam melayani masyarakat lebih dekat, bahkan bersentuhan langsung dengan masyarakat di berbagai pelosok pedesaan, tugas Bhabinkamtibmas memang hebat. “Sejatinya anggota saya bhabinkatibmas itu memang ‘superman’ kalau saya bilang mereka supermen orang orang hebat garda terdepan Polri di Polres Pacitan ini adalah Bhabinkamtbmas.ujar AKBP Wiwit.
Kenapa memilih ‘superman’ agar lebih gampang diingat. ‘Superman’ ini adalah sumber informasi, ‘per’ nya itu adalah problem solver itu menyelesaikan masalah, dan ‘men’ itu adalah memberikan pelayanan door to door. Ini sudah kita lakukan hanya tinggal kita launching saja.”jelas Kapolres AKBP Wiwit Ari.
 
 Tugas bhabinkamtibmas setelah dinobatkan sebagai ‘superman’ nya Polres Pacitan segala apapun permasalahan harus di selesaikan, segala apapun pertanyaan harus dijawab oleh bhabinkamtibmas. Apapun terkait pelayanan masyarakat, bhabinkamtibmas selalu ada. Dalam bertugas bhabinkamtibmas ‘superman’ ini akan di bekali dengan aplikasi pelayanan terpadu online. 
 
Bhabinkamtibmas ‘superman’ ini bertugas memberikan pelayanan mulai dari hal hal terkecil, pembuatan SIM, butuh administrasi pembuatan KTP, pembuatan SKCK maka petugas Bhabinkamtibmas siap ada untuk mengantar, sehingga masyarakat tidak merasa direpotkan dengan segala pelayanan publik. Bahkan Bhabinkamtibmas juga harus siap sebagai kurir, bagi warga yang isolasi mandiri Covid-19, untuk membelikan kebutuhan sehari-hari warga.
 
Seperti diketahui, jumlah Bhabinkamtibmas di Polres Pacitan baru ada 140, dari jumlah idealnya 171 sesuai jumlah desa yang ada di Pacitan. Namun hal itu tidak mengganggu tugas Bhabinkamtibmas, karena satu petugas ada yang bertugas memegang dua desa. “Perbandingan jumlah bhabinkamtibmas tidak terlalu jauh dengan jumlah desa di Pacitan.”ujar Kapolres Wiwit.
 
 Petugas Bhabinkamtibmas juga akan dibekali group WA Pacitan Tangguh, yang isinya semua nomor kontak ketua RT/RW, Kepala Dusun, dan aplikasi pelayanan terpadu di dalamnya ada aplikasi pelayanan terpadu patuh Pacitan tangguh, tinggal klik. “Ketika diklik, di dalamnya ada menu pembuatan laporan Polisi berita kehilangan, pelayanan lalulintas, pembuatan SKCK, lalu ada di situ juga ada hallo polisi 110, ketika ditekan tombol darurat langsung nelpon ke call center. Kita sesuai dengan programnya pak Kapolri. Polisi yang melakukan pelanggaran juga bisa dilaporkan disitu dan ada indeks kepuasan juga.”tutup Kapolres AKBP Wiwit Ari Wibisono.
 
Editor : Asri Nuryani

Blog, Updated at: 13.48
Comments
0 Comments