Forkopimda Pemkab Pacitan Tinjau Coblosan di Sejumlah TPS Pilbup Serentak 2020, Optimis Partisipasi Pemilih Tinggi

Posted by Radio GrinduluFM Pacitan - 104,6 MHz on Rabu, 09 Desember 2020

Grindulu FM, Pacitan - Bupati Pacitan bersama unsur Forkompimda langsung bergerak menuju  beberapa TPS(Tempat Pemungutan Suara)yang ada di Kabupaten Pacitan.Rabu Wage(09/12/2020).
Rombongan Forkopimda Pemkab Pacitan tersebut memastikan langsung penerapan Protokol Kesehatan di sejumlah Tempat Pemungutan Suara(TPS) dan sekaligus memastikan tingkat partisipasi kehadiran pemilih.
Indartato Bupati Pacitan mengatakan, penerapan protokol kesehatan masih menjadi salah satu tujuan utama dilaksanakannya peninjauan ke sejumlah TPS pada saat coblosan Pilbup serentak 09 Desember 2020 ini.

                              

“Yang pertama kita melihat protokol kesehatan Alhamdulillah sudah di lakukan dengan baik dan tertib. Bisa kita lihat dari tempat duduk, jaga jarak sangat di perhatikan termasuk memakai masker dan cuci tangan. Mudah mudahan tidak ada yang terpapar Covid-19, petugas TPS sehat, masyarakat pemilih juga sehat. Dalam Pelaksanaan Pilbup ini penerapan Protokol Kesehatan betul betul harus dilakukan.”jelas Bupati

Selain  itu Bupati ingin melihat secara langsung tingkat partisipasi masyarakat dalam memberikan hak suara mereka. Pada kesempatan ini Bupati  Indartato juga menghimbau pada seluruh warga menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pacitan 2020.
“Saya minta warga menggunakan hak pilihnya, jangan sampai surat suara rusak dan target KPU tercapai.”imbuhnya

                                      

Harapan Bupati tingginya partisipasi pemilih datang ke TPS ini juga terjadi di 1299 Tempat Pemungutan Suara(TPS)yang tersebar di 12 Kecamatan.“Angka partisipasi pemilih hadir di TPS yang ada di Desa Grunggung Arjosari ini membuat hati saya lega, Semoga di TPS lainnya partisipasi kehadiran masyarakat untuk memilih juga sama.”ujar Bupati
Sementara itu Kapolres Pacitan AKBP Wiwid Ari Wibisono mengatakan, ada dua hal yang menjadi penekanan Kapolres dan Dandim 0801 Pacitan dalam Pilbup Pacitan kali ini, yang pertama adalah bagaimana konsep pengamanan dan yang kedua bagaimana konsep netralitas dan Penerapan Protokol Kesehatan.

Ditambahkan Kapolres, secara umum pelaksanaan Coblosan Pilbup 2020 di Pacitan berjalan aman, lancar, animo masyarakat datang ke TPS juga bagus.
“Pengamanan menjadi suatu hal yang sangat kompleks, artinya sejak kemaren mulai saat pendistribusian surat suara sampai pelaksanaan coblosan hari ini kita terjunkan 276 personil ke TPS.” Tegas AKBP Wiwid.


Kapolres melihat secara langsung ke sejumlah TPS  menanggapi pelaksanaan Pilbup 2020 Kabuaten Pacitan secara umum tertib, bagus dan melihat tingkat kehadiran sangat tinggi. Disiplin Protokol Kesehatan sungguh sungguh di terapkan oleh petugas dan warga.
“Saya melihatnya sangat tertib, bagus dan melihat juga tingkat kedatangan sudah lumayan di TPS Semanten ini sudah hamper 50 persen dalam wkatu tiga jam di bukanya TPS. Tidak ada yang suhu tubuhnya lebih dari 37 Derajat Celcius. Sehingga  Alhamdulillah Bilik Khusus  tidak di gunakan. Warga jangan Golput gunakan hak pilihnya.”tegas Kapolres.


Sedangkan Ketua KPU Kabupaten Pacitan Sulistyorini, optimis jika target partisipasi masyarakat datang ke TPS ikut mencoblos dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 09 Desember 2020 terpenuhi. Standart Protokol Kesehatan juga sudah di laksanakan di masing masing TPS, meski ada satu atau dua warga masih ada yang datang tidak sesuai jadwal yang sudah ditentukan KPU namun hal itu bisa di atasi dengan tetap menjaga jarak tidka menimbulkan kerumunan di TPS. “Yang kita lihat dari 5 TPS yang ditinjau, rata rata warga setelah mencoblos tidak lupa  cuci tangan dan langsung pulang ke rumah masing masing. 


Seperti di ketahui, Lima TPS yang di tinjau Forkopimda saat laksanakan coblosan diantaranya TPS yang ada di Desa Ponggok, Desa Semanten, Desa  Grunggung  Kecamatan Arjosari dan Pondok Pesantren Termas Arjosari.
Dalam peninjauan itu juga hadir Dandim 0801 Pacitan Letkol Kav.Ibnu Khazim, Kepala Kejaksaan Negeri Pacitan  Noer Adi SH dan Sekda Pacitan Heru Wiwoho.

 Editor : Asrinuryani

Blog, Updated at: 13.42
Comments
0 Comments